Bolu Gulung Batik Panggang

Bolu gulung batik panggang, bolu atau kue bolu adalah kue berbahan dasar tepung (umumnya tepung terigu), gula, dan telur. Kue bolu dan cake umumnya dimatangkan dengan cara dipanggang di dalam oven, walaupun ada juga bolu yang dikukus, misalnya: bolu kukus atau brownies kukus.

Cake yang dihias dengan lapisan dari krim mentega, fondant, atau marzipan disebut kue tart (kue tarcis). Cake berhias (kue tart) atau tanpa hiasan digunakan sebagai makanan penutup atau hidangan istimewa resepsi pernikahan atau pesta ulang tahun. Mesin penepung diskmill serbaguna.

Dalam resepsi pernikahan ala Barat dan pesta ulang tahun, upacara pemotongan kue tart merupakan salah satu acara. Di Indonesia, nasi tumpeng sering menggantikan peran cake sebagai makanan istimewa dalam berbagai upacara peringatan.

Acara pemotongan kue juga sering digantikan acara pemotongan tumpeng. Cake berukuran besar dengan bentuk persegi empat atau bundar dimaksudkan untuk dipotong-potong ketika dijual atau disajikan. Kue bolu yang digulung dan berisi krim mentega atau selai disebut bolu gulung.

Berbagai macam puding juga menggunakan bahan dasar potongan kue bolu yang diletakkan di dasar loyang sebelum disiram dengan agar-agar. Alat pengocok kue digunakan untuk mengocok telur atau mentega dengan gula hingga mengembang.

Gelembung udara di dalam adonan membuat kue menjadi empuk setelah matang. Penambahan lemak nabati atau hewani dalam bentuk mentega, margarin, santan, atau shortening ke dalam adonan membuat tekstur kue menjadi lebih lembut.

Bahan kimia pengembang (soda kue, bubuk pengembang), penstabil (krim tartar), dan pengemulsi (ovalet) sering ditambahkan ke dalam adonan untuk hasil kue yang lebih baik. Campuran tepung kue siap pakai (cake mix) menawarkan kemudahan dalam pembuatan kue bolu dan mengurangi kemungkinan kue menjadi gagal.

Salah satu merek tepung kue siap pakai yang terkenal adalah Duncan Hines, sedangkan di Indonesia dikenal tepung kue siap pakai dengan merek Pondan. Kue bolu ini rasanya enak dan cara membuatnya cukup sederhana. Tampilannya juga sangat menggugah selera.

 

Jenis-Jenis Bolu

1. Butter cake atau shortened

Pembuatan kue diawali dengan mengocok mentega (margarin) dengan gula menjadi adonan berbentuk krim. Cake jenis ini memerlukan bahan pengembang berupa bubuk pengembang atau soda kue.

Salah satu contoh butter cake paling sederhana adalah pound cake yang dibuat dari mentega, gula pasir, dan tepung terigu dengan takaran masing-masing 1 pon. Resep pound cake zaman dulu belum menggunakan bahan pengembang, dan hanya mengandalkan mentega yang dikocok hingga lembut.

2. Sponge cake (foam cake)

Proses pembuatan diawali dengan mengocok telur dan gula hingga menjadi busa yang halus dan kental. Mentega (margarin) cair atau minyak goreng sering ditambahkan kemudian setelah adonan dicampur dengan tepung.

Kue dengan putih dan kuning telur yang masing-masing dikocok dalam mangkuk terpisah Tekstur kue yang dihasilkan menjadi sangat lembut, misalnya chiffon cake atau angel food cake. Kuning dan putih telur dikocok bersamaan (Genoise). Sebagian besar resep kue bolu dan cake menggunakan kuning dan putih telur yang dikocok bersamaan.

 

Cara Membuat Bolu Gulung

Bahan-Bahan :

  • 4 butir telur
  • 60 gr gula
  • 60 gr tepung terigu
  • 1 sdm susu bubuk
  • 1/2 sdm emulsifier
  • 1/4 sdt vanili bubuk
  • 80 gr mentega
  • Buah prunes (pipihkan)
  • Selai blueberry
  • Loyang size 24 cm

Cara Membuat :

1. Lelehkan Mentega. Sisihkan.
2. Di dalam mangkuk, campurkan semua bahan kecuali mentega cair.
3. Mixer sampai kental dan putih.
4. Tambahkan mentega cair, aduk balik dengan spatula.
5. Tuang ke dalam loyang yang sudah dioles margarin dan dialasi kertas roti.
6. Hentakkan loyang beberapa kali.
7. Lalu panggang 10 menit atau sampai berkulit. Keluarkan loyang lalu tambahkan buah prunes. Panggang lagi selama 5-8 menit atau sampai matang.
8. Oles selai selagi panas, lalu gulung.

Leave a Comment