Kelebihan dari Penggunaan Digital Signature

Tanda tangan memang menjadi salah satu hal penting dalam pengesahan suatu dokumen. Seiring dengan kemajuan teknologi, tanda tangan hadir dalam bentuk elektronik atau digital yang dikenal dengan sebutan digital signature.

Penggunaan tanda tangan digital ini bertujuan untuk menjaga keutuhan sebuah dokumen, membuktikan identitas, dan bukti persetujuan. Untuk mengetahui kelebihan tanda tangan elektronik, mari simak ulasan berikut ini.

Pengertian Digital Signature

Sebelum membahas mengenai kelebihannya, Anda tentu harus mengetahui apa itu tanda tangan digital. Tanda tangan digital merupakan bentuk alternatif modern untuk menandatangani sebuah file atau dokumen secara elektronik atau berbasis digital.

Penggunaan tanda tangan digital ini akan membantu memberikan efektivitas untuk Anda sehingga Anda tidak perlu memberikan tanda tangan secara langsung karena bisa lakukan secara online.

Dalam penerapannya, tanda tangan digital ini memanfaatkan algoritma atau kode matematika yang canggih untuk memeriksa dan memvalidasi keaslian suatu pesan atau dokumen digital.

Dengan adanya tanda tangan elektronik, maka dapat mengurangi tampering seperti perusakan, penipuan, atau gangguan komunikasi digital. Selain itu, tanda tangan digital juga bisa memberikan informasi tambahan seperti status, asal pesan, dan persetujuan penandatanganan.

Kelebihan Digital Signature

Setelah mengetahui pengertiannya, ada beberapa kelebihan yang ditawarkan dari penggunaan tanda tangan digital antara lain sebagai berikut ini.

1. Ramah Lingkungan

Dibandingkan tanda tangan tulis yang membutuhkan kertas dan pena, penggunaan tanda tangan digital dianggap lebih ramah lingkungan. Tanda tangan digital dapat mengurangi limbah fisik seperti kertas dan tinta pena yang dapat berdampak buruk bagi lingkungan.

2. Sudah Sah secara Hukum dan Diterima Global

Cara membuat tanda tangan digital sudah menggunakan standar public key infrastructure (PKI) untuk memastikan setiap key yang dibuat dan disimpan dengan aman.

Penggunaan tanda tangan digital ini juga sudah diterima secara global sehingga bisa mencakup seluruh negara di dunia dan sudah sah di mata hukum.

3. Praktis dan Efisien

Tanda tangan digital ini mampu menyederhanakan proses penandatanganan dan penyimpanan dokumen sehingga lebih praktis dan efisien.

4. Mudah Ditelusuri

Kehadiran tanda tangan digital dapat membuat penyimpanan catatan internal dan jejak audit menjadi lebih mudah dan praktis. Karena perekaman dan penyimpanan data dilakukan secara digital, maka dapat mengurangi risiko kesalahan atau salah penempatan tanda tangan.

Dengan kelebihan yang ditawarkan dari digital signature, banyak orang mulai menggunakan tanda tangan digital karena dinilai lebih aman dan efisien. Bagi Anda yang penasaran dengan tanda tangan digital dan produk lainnya dari Perum Peruri, Anda bisa cek website https://www.peruri.co.id/.

Leave a Comment