Mengenal Jenis-jenis Pipa HDPE dan Pemasangannya yang Benar

Pipa HDPE adalah pipa air yang paling sering digunakan dalam membuat instalasi air. Anda bisa mendapatkan pipa ini dari distributor yang memiliki kualitas dan harga jasa pemasangan pipa HDPE yang baik.

Sebelum memilih untuk membelinya, Anda bisa mengetahui lebih jauh beberapa jenis dan pemasangan pipa HDPE yang sesuai dengan kebutuhan dari instalasi air. Hal ini tentu agar Anda bisa memperkirakan harga jasa pemasangan pipa HDPE air agar tidak keluar dari budget.

Jenis-Jenis Pipa HDPE

1. Geopipe

Jenis pipa HDPE yang pertama adalah Geopipe. Pipa ini memiliki karakter yang bergelombang sehingga dapat menambah kekuatan dalam menahan beban. Biasanya pipa jenis ini digunakan pada instalasi air untuk lapangan golf, pertanian, air limbah, pertambangan dan pipa untuk taman.

2. Corrugated Pipe

Selanjutnya ada juga jenis dari pipa HDPE yang bergelombang dan memiliki bagian dinding berlapis ganda, yaitu corrugated pipe. Bisanya pipa ini digunakan untuk saluran air pada bawah laut atau sungai serta limbah industri.

3. Spiral Pipe

Ada juga jenis pipa HDPE yang memiliki dinding luar dengan bentuk spiral dan berbahan polypropylene yang kuat terhadap tekanan dari luar, yaitu jenis pipa spiral pipe. Pipa ini cocok digunakan untuk saluran air pembuangan, drainase, ventilasi dan pipa untuk area rawan gempa.

4. Pressure Pipe

Yang terakhir ada jenis pipa HDPE, yaitu pressure pipe. Jenis pipa ini memiliki bahan yang tahan korosi dan berbentuk batangan atau gulungan. Pipa ini juga bisa digunakan untuk saluran air minum, air limbah dan pipa gas.

Pemasangan Pipa HDPE

Beberapa jenis pipa HDPE di atas bisa Anda dapatkan di distributor pipa air. Anda juga bisa mengetahui harga jasa pemasangan pipa HDPE pada distributor tersebut. Pemasangan pipa air HDPE biasanya menggunakan tiga metode, yaitu sebagai berikut:

  1. Metode Mechanical Joint yang menggunakan pipa sambungan dan penjepit.
  2. Jenis metode Butt Fusion yang menggunakan mesin butt fusion.
  3. Metode Electrofusion yang menggunakan mesin elektrik.

Itu tadi adalah informasi mengenai beberapa jenis pipa HDPE serta cara pemasangan pipa HDPE yang benar dan sering digunakan. Anda bisa mengetahui beberapa harga jasa pemasangan pipa HDPE dan jenis-jenis pipa HDPE yang lengkap melalui website resmi di https://www.wintara-corp.com/.

Leave a Comment