Cara Menanam Daun Bawang Di Air

Cara Menanam Daun Bawang Di Air. Daun bawang sering ditemukan dalam sup, taburan soto, telur dadar atau berbagai makanan lezat lainnya.

Saking populernya daun bawang sebagai sayuran penyedap rasa, kini banyak orang yang penasaran untuk menanamnya di rumah. Selain menambah kelezatan makanan, daun bawang juga termasuk salah satu sayuran yang kaya akan manfaat.

Hal ini bersumber dari berbagai nutrisi yang terkandung dalam daun bawang seperti serat, asam folat, kalsium, kalium dan vitamin C.

Seiring dengan kesadaran masyarakat tentang menanam, kini banyak juga masyarakat yang mulai menanam sayuran di rumah. Salah satu sayuran yang sering ditanam di rumah adalah daun bawang karena cukup mudah dan tidak merepotkan.

Cara Menanam Daun Bawang Di Air

1. Cara Menanam Daun Bawang Di Air, Pilih Bibit Yang Berkualitas

Cara menanam daun bawang yang pertama adalah dengan memilih bibit yang baik dan berkualitas. Anda dapat melakukannya secara generatif atau vegetatif, dengan menggunakan bibit tanaman (generatif) dan menggunakan anakan tanaman (vegetatif).

Anda bahkan tidak perlu membeli bibit di toko pertanian, karena Anda bisa menggunakan daun bawang yang sudah Anda miliki di rumah. Hal ini karena daun bawang yang biasa dijual di pasaran masih memiliki akar yang sedikit, sehingga dapat dijadikan benih.

Caranya tinggal pilih bagian akar yang masih utuh, lalu siram dengan air untuk menjaga kesegaran biji daun bawang. Setelah itu, potong bagian atas daun bawang. Selanjutnya Anda bisa menyemai benih terlebih dahulu dengan cara menyimpannya di dalam gelas berisi air atau bisa juga dengan melakukan penyemaian menggunakan media polybag.

Baca juga: Trik Bisnis Jual Bawang Merah Keliling

2. Cara Menanam Daun Bawang Di Air,Siapkan Media Tanam yang Tepat

Sambil menunggu bibit ditanam, Anda bisa menyiapkan media tanam yaitu wadah sebagai cara menanam bawang merah selanjutnya. Siapkan media tanam berupa pot atau polybag sesuai keinginan Anda. Anda bahkan bisa menggunakan botol, kaleng, dan ember untuk menanam daun bawang di rumah asalkan diameternya -+15 cm.

Setelah itu, siapkan tanah yang gembur, anyaman, dan mengandung unsur hara yang baik dan melimpah. Usahakan tanah memiliki pH tanah 6,5 sampai 7. Kemudian, campurkan tanah dengan pupuk kandang atau kompos dengan arang dan sekam, perbandingannya adalah 2:1:1.

3. Pemindahan Bibit ke Media Tanam

Setelah media tanam siap dan benih juga siap disemai, Anda bisa memindahkan benih ke media tanam yang sudah disiapkan. Cara menanam daun bawang pada tahap ini memang harus anda lakukan secara perlahan. Pertama, pastikan tidak ada biji yang cacat atau pecah sebelum dimasukkan ke dalam pot.

Buat lubang tanam sesuai dengan ukuran bibit, dan setelah memasukkan bibit, padatkan permukaan tanah. Selanjutnya Anda tinggal menyiram dan meletakkan tanaman di tempat teduh selama 3 hari.

4. Perawatan dan Pemupukan

Cara menanam daun bawang selanjutnya adalah dengan merawat tanaman daun bawang. Penyiraman dalam hal ini sangat penting, karena media tanam tidak boleh mengering, tetapi juga tidak boleh terlalu lembab karena dapat menyebabkan munculnya jamur dan bakteri. Siram sesuai kebutuhan.

Selain itu, singkirkan rumput yang tumbuh di sekitar media tanam secara teratur, dan tangani hama secara manual tanpa menggunakan insektisida cair. Jika ada tanaman yang layu atau membusuk, segera singkirkan agar tidak mempengaruhi tanaman lain.

Selain penyiraman, hal lain yang perlu diperhatikan adalah proses pemupukan, terutama jika Anda menggunakan pot sebagai media tanam. Sebab, media tanam yang kecil tentu akan membuat tanaman tidak cepat terserap. lakukan pemupukan selama 3 minggu dengan pupuk kandang atau pupuk urea buatan.

Proses Panen Cara Menanam Daun Bawang

Umumnya, daun bawang dapat dipanen dalam waktu 65 hingga 70 hari sejak dipindahkan ke media tanam. Ditandai dengan banyaknya rumpun, daun berwarna hijau tua, agak keras, dan daun bagian bawah sudah mulai menguning.

Cara menanam daun bawang juga perlu diperhatikan dengan baik. Agar panen berulang, pilih daun bawang yang paling tua untuk dipanen terlebih dahulu. Anda bisa memanen daun bawnag dari pangkal batang daun. Kalau masih ada anak kecil, biarkan saja tumbuh agar bisa panen lagi di lain waktu.

Demikian informasi menarik tentang cara menanam daun bawang dengan mudah. Semoga artikel yang telah kami sampaikan tentang peluang bisnis diatas dapat bermanfaat dan bermanfaat untuk anda semua.

Semoga informasi ini dapat memberikan referensi bagi anda yang saat ini masih bingung dalam mencari atau memilih cara atau tips dan trik apa yang cocok untuk anda berwirausaha. Terima kasih semoga bermanfaat

Leave a Comment