Tips menyikapi Kritik dengan Bijak

Tips menyikapi kritik dengan bijak – Kita tidak bisa hidup tanpa dihakimi oleh orang lain, baik atau buruk. Biasanya penilaian itu bisa berupa pujian, penghargaan, atau kritikan terhadap diri kita sendiri. Nah, dunia kerja juga dikelilingi oleh berbagai jenis penilaian dari rekan kerja dan eksekutif di perusahaan.

Selain itu, reviewnya berupa kritik dan disampaikan dengan nada yang tidak enak untuk didengar. Seorang karyawan tentu merasa terpojok dan tidak nyaman, hingga mempertanyakan kemampuannya.

Ketika Anda merasakan situasi seperti itu, Anda benar-benar perlu memahami bagaimana menangani kritik dengan baik. Namun, yang perlu digarisbawahi adalah kritik itu harus konstruktif, kalau tidak membangun ya bukan kritik, kan?

Kali ini, Anda akan mulai memahami cara yang tepat dan bijaksana untuk menangani kritik, terutama di lingkungan kerja Anda. Yuk simak ulasan berikut ini untuk meningkatkan performa dan tidak mudah tersinggung.

Tips menyikapi kritik dengan bijak

Cobalah untuk mendengarkan dengan baik tanpa emosi negatif

Langkah pertama adalah mendengarkan apa yang orang lain katakan. Seperti kata pepatah, kita punya dua telinga untuk lebih banyak mendengar daripada berbicara. Anda harus mendengarkan dengan tenang dan tanpa emosi terhadap apa yang mereka katakan. Tetap tenang, bahkan jika kata-kata yang Anda dengar bertentangan dengan pendapat Anda.

Jika Anda menyela perkataan orang lain, Anda langsung mulai berpikir negatif. Pertama-tama ambillah apa yang dikatakan.

Pahami isi kritik yang disampaikan

Kemudian berhentilah sejenak untuk memahami apa yang telah memasuki pikiran Anda. Pahami isi kritik yang Anda terima tanpa diskriminasi. Padahal Anda harus bisa menyaring mana fakta yang benar dan mana yang bisa membangun kepribadian.

Anda juga perlu tahu apa pendapat dan kritik untuk diperdebatkan dan dibantah terhadap rating yang diberikan. Jangan buang waktu untuk hal-hal yang sebenarnya tidak perlu Anda tanggapi. Fokus pada penilaian yang berguna untuk pengembangan kinerja.

Ucapkan terima kasih atas saran dan kritik yang disampaikan

Walaupun kritik terkadang bisa menjengkelkan, Anda harus tetap rendah hati karena Anda akan menerima penilaian atas apa yang telah Anda lakukan. Tidak semua orang bisa menerima kritik dengan lapang dada.

Terima kasih untuk itu sebagai bentuk kerendahan hati atas kritik yang Anda dapatkan. Kritik sebenarnya bisa membuat Anda menjadi pribadi yang lebih baik, tergantung bagaimana Anda menyikapinya.

Evaluasi diri dengan mengikuti pelajaran yang ada

Nah, ambil sisi positif dari setiap kritik. Terima saja dan katakan apa yang Anda bisa untuk menghargainya. Anda dapat berpikir ke depan dengan berasumsi bahwa kritik tidak selalu negatif.

Kalaupun ada, jangan repot-repot dan tetap fokus pada diri sendiri. Kritikan apa saja yang bisa Anda sampaikan bisa Anda jadikan sebagai bahan evaluasi diri atau introspeksi diri. Itulah tips dan trik yang bisa Anda terapkan. Bisa berguna.

Temukan informasi Lowongan Kerja yang cocok untuk Anda di JobSter.id.

Leave a Comment