Resep Bakso Sehat Untuk Diet Aman Tanpa Perlu Takut Gagal!

Pada artikel kali ini kita akan membahas tentang resep bakso sehat untuk diet. Tentunya bermanfaat untuk kamu yang ingin mengkonsumsi bakso tapi takut dietnya gagal. Simak artikel ini hingga akhir ya!

Resep Bakso Sehat Untuk Diet

resep-bakso-sehat-untuk-diet

Berikut ini resep bakso sehat untuk diet kamu :

Bahan-Bahan :

  • 1/2 kg daging sapi giling
  • 3 putih telur
  • 1 butir telur utuh
  • 10 siung bawang putih, goreng
  • 2 sdm bawang merah goreng
  • 1 sdt baking powder
  • 1 sdt lada bubuk
  • garam dan kaldu bubuk

Cara Membuat :

  1. Keluarkan daging yang sudah beku dari dalam freezer dan biarkan hingga setengah mencair.
  2. Kocok lepas putih telur dan juga telur utuh menjadi satu.
  3. Cincang daging giling setengah beku tadi.
  4. Masukkan bawang putih, bawang goreng, kaldu bubuk, lada, dan juga garam secukupnya serta baking powder ke dalam blender.
  5. Tambahkan juga kocokan telur serta daging yang telah cincang.
  6. Blender semuanya hingga lumat dan halus.
  7. Bekukan lagi di dalam freezer selama kira-kira satu jam.
  8. Panaskan air secukupnya dalam panci hingga mendidih.
  9. Keluarkan adonan tadi, lalu buatlah bola-bola bakso dari adonan tersebut.
  10. Masak bakso di dalam air mendidih hingga bakso mengapung.
  11. Bakso yang telah benar-benar mengapung tandanya telah matang.
  12. Angkat lalu masukkan dalam air es supaya bakso menjadi kenyal.
  13. Sajikan bersama dengan bahan pelengkap sesuai selera.

Cara Diet Yang Aman

resep-bakso-sehat-untuk-diet

1. Pilih makanan yang tepat dan jangan melewatkan waktu makan.

2. Atur porsinya sesuai dengan kebutuhan.

3. Ganti gula dengan menggunakan pemanis yang lebih sehat.

4. Jadikan olahraga sebagai kebutuhan.

5. Menerapkan pola hidup sehat

6. Konsumsi makanan tinggi serat.

7. Pastikan tidur cukup.

8. Konsumsi air putih sebelum makan.

9. Minum air hangat setelah bangun tidur.

10. Konsumsi makanan secara perlahan.

11. Mengkonsumsi minuman Herbal Tradisional

Manfaat dan Efek Samping Mengkonsumsi Bakso

Seperti makanan yang lainnya, bakso tentunya memiliki manfaat jika kamu mengkonsumsinya, tetapi bakso juga memiliki efek samping jika dalam mengkonsumsinya terlalu berlebihan. Berikut manfaat dan efek samping dari mengkonsumsi bakso.

1. Memberikan Energi Untuk Beraktifitas

Bakso sering kali akan membuat kita merasa kenyang setelah memakannya, terbuat dari daging giling tertentu dan juga tepung yang merupakan sumber karbohidrat, lemak, juga protein. Selain itu, kalori yang ada pada bakso tentu akan cukup untuk memenuhi energi harian serta dapat mendukung aktifitas kamu. Tetapi tidak disarankan untuk mengokonsumsi bakso terlalu pagi, sebab tidak baik untuk kesehatan.

2. Mencukupi Kebutuhan Protein

Bahan dasar bakso berkualitas dapat diambil dari daging sapi, daging ayam, daging ikan, serta daging lainnya yang juga memiliki kualitas baik. Daging sapi atau ikan, umumnya juga kaya akan protein yang baik untuk kesehatan tubuh.

Jika dalam proses pengolahan dilakukan dengan benar dan menggunakan bahan-bahan yang sehat, bakso mampu memenuhi kebutuhan protein harian yang penting dalam menjaga kesehatan tubuh, juga mampu memperbaiki sel-sel rusak dan merangsang terbentuknya suatu sel baru.

3. Mencegah Animea

Bakso yang dibuat dari bahan daging merah atau ikan, juga kaya akan mineral, termasuk juga dengan zat besi yang sangat diperlukan dalam pembentukan sel darah merah. Kekurangan zat besi juga bisa menyebabkan masalah animea, dan jika mengkonsumsi bakso juga dapat meningkatkan produksi sel darah merah.

4. Mendukung Proses Metabolisme

Daging yang ada dalam bakso memiliki kandungan vitamin B kompleks seperti vitamin B1 juga B12 yang bisa mendukung proses metabolisme energi supaya dapat berlangsung dengan normal.

5. Menjaga Kesehatan dan Fungsi Otak

Bakso dengan bahan yang sehat dan berkualitas bisa membantu menjaga kesehatan otak. Bakso yang dibuat dari bahan baku ikan, memiliki kandungan nutrisi penting yang dibutuhkan oleh otak seperti protein, asam lemak omega 3 dan juga omega 6.

Asam lemak omega 3 dan 6 diketahui mampu menjaga sel saraf yang ada dalam otak dan juga menstimulasi memori sehingga otak bisa berfungsi dengan baik juga terhindar dari kerusakan yang mengkhawatirkan.

6. Menyebabkan Kegemukan

Efek samping dari mengkonsumsi bakso secara berlebihan adalah dapat menyebabkan kegemukan. Pilihlah bakso yang tidak memiliki kandungan lemak yang banyak.

7. Menyebabkan Hipertensi

Hipertensi atau juga disebut tekanan darah tinggi juga dapat meningkatkan risiko penyakit jantung. Daging bakso memiliki kandungan koresterol yang bisa menyebabkan plak dalam pembuluh darah juga vetsin atau MSG yang bisa meningkatkan tekanan di dalam tubuh.

8. Menyebabkan Alergi

Bakso bisa menjadi sangat berbahaya hingga menyebabkan alergi tertentu, jika dalam bakso memiliki kandungan formalin, boraks atau juga bahan pengawet lainnya. Bahan kimia tersebut bisa menyebabkan masalah alergi pada beberapa orang, menyebabkan iritasi kulit, saluran pencernaan, pernapasan, atau bahkan lebih parah dari itu.

9. Mengganggu Fungsi Sistem Saraf

Bahan pengawet pada bebrapa bakso juga dapat menyebabkan gangguan pada fungsi sistem saraf yang ada di otak. Dapat menghambat perkembangan dan pertumbuhan mental, terkhusus pada anak-anak. Selain itu, vetsin yang terkandung dalam kuah bakso dapat membuat seseorang kehilangan kemampuan dalam belajar, karena lemahnya sel saraf di dalam otak.

10. Menyebabkan Masalah Saat Kehamilan

Mengkonsumsi bakso sembarangan untuk ibu hamil bisa sangat berbahaya. Apalagi bakso yang memiliki kandungan bahan pengawet, yang akan mengganggu pertumbukan hingga merusak janin pada perut ibu. Sebaiknya jika seorang ibu hamil ingin mengkonsumsi bakso, lebih baik untuk membuat bakso sendiri di rumah dengan bahan-bahan berkualitas dan terjamin keamanannya.

Itu dia beberapa penjelasan tentang resep bakso sehat untuk diet, juga cara diet yang aman, serta manfaat dan efek samping jika mengkonsumsi bakso. Akan lebih baik untuk kamu yang sedang diet atau tidak pun, jika ingin mengkonsumsi bakso disarankan dengan cara membuat bakso sehat sendiri. Agar kamu juga bisa memantau bahan-bahan yang akan digunakan untuk membuat bakso, yang tentunya dengan bahan berkualitas, sehat, dan aman.

Semoga informasi diatas bermanfaat untuk kamu. Selamat mencoba resep bakso sehat untuk diet diatas. Terima kasih telah membaca artikel kali ini hingga akhir, sampai jumpa di artikel selanjutnya!

Leave a Comment