Cara Membuat Biji Plastik Tanpa Mesin dan Macam-Macam Biji Plastik

Cara membuat biji plastik tanpa mesin melewati beberapa proses agar supaya menghasilkan biji plastik yang bagus dan berkualitas. Biji plastik mungkin merupakan bahan yang tidak banyak diketahui oleh semua orang. Bahan yang biasanya berupa butiran-butiran berwarna putih bening ini merupakan bahan utama pembuatan produk-produk yang berbahan dasar plastik baik produk rumah tangga, produk elektronik, produk otomotif ataupun produk yang lain.

Biji plastik sendiri pada dasarnya berasal dari bahan kimia yang sering disebut dengan styrin monomer. Bahan utama tersebut kemudian dicampur dengan bahan kimia lain melalui proses pemanasan yang akhirnya berbentuk seperti silinder memanjang yang cair yang kemudian dibuat menjadi keras untuk dipotong-potong selaras ukuran yang dikehendaki.

Macam-macam Biji Plastik

cara membuat biji plastik tanpa mesin

Berbicara mengenai biji plastik, perlu kalian ketahui bahwa ternyata biji plastik ada 2 macam yaitu:

1. Biji Plastik Asli

Biji plastik berasal dari styrin monomer yang telah melalui proses seperti yang dijelaskan di atas. Biji plastik jenis ini umumnya masih diimpor dari luar negeri sehingga harganya masih relatif tinggi, terutama dengan nilai tukar dollar yang sedang tinggi seperti saat ini.

2. Biji Plastik Daur Ulang (Recycle)

Merupakan biji plastik yang berasal dari sampah plastik yang dihancurkan dengan mesin pencacah sehingga menjadi butiran-butiran kecil plastik yang siap untuk diolah kembali. Biji plastik daur ulang selain murah ternyata juga lebih mudah didapatkan mengingat melimpahnya sampah plastik yang ada di masyarakat. Bisa menjadi alternatif untuk membuat berbagai produk berbahan dasar plastik bahkan terbuka peluang usaha yang dapat ditekuni dalam hubungannya dengan biji plastik daur ulang tersebut.

Proses Membuat Biji Plastik Tanpa Mesin

Pengolahan limbah plastik menjadi salah satu upaya yang tepat untuk dilakukan dalam memerangi pencemaran lingkungan. Banyaknya jumlah plastik dalam sekali pakai kemudian dapat dikumpulkan untuk didaur ulang menjadi biji plastik dengan manfaat yang sama yaitu untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Solusi tersebut dapat menjadi dampak yang baik tidak hanya untuk lingkungan, akan tetapi untuk industri plastik daur ulang yang dapat menyerap tenaga kerja dan mendukung perekonomian masyarakat. Dibawah ini terdapat tahap-tahap membuat biji plastik.

1. Pengumpulan Limbah

Limbah plastik dapat berupa botol atau gelas plastik bekas, mainan plastik, ember, toples, bekas bungkus kemasan, peralatan rumah tangga, dan lain sebagainya.

2. Penyortiran atau Pemisahan

Perlu diketahui, plastik memiliki jenis yang bermacam-macam. Dalam proses daur ulang, plastik sangat penting untuk di sortir selaras dengan warna dan juga jenisnya. Mulai dari kode, warna, dan juga bagian yang perlu dipisahkan.

3. Pencacahan

Proses pencacahan bertujuan untuk memotong plastik menjadi bagian kepingan kecil, dengan ukuran mesh cacahan 2.5 cm sampai 3.5 cm. Proses pencacahan dilakukan menurut masing-masing jenis plastik dalam sekali proses.

Pencacahan dapat dilakukan dengan cara dua teknik, yaitu cacah kering (tanpa air) dan cacah basah (dengan air). Proses cacah basah dapat dilakukan bersamaan dengan proses pembersihan sehingga menjadi lebih efektif.

4. Pencucian

Proses pencucian ditetapkan menurut tingkat kotor plastik dalam Grade A dan Grade B. Grade A yaitu plastik cacahan dengan tingkat kontaminasi kotoran terendah. Sedangkan Grade B yaitu memiliki tingkat kontaminasi lebih tinggi seperti menempelnya cairan infus.

Teknik pencucian dilakukan menurut tingkat kontaminasi plastik. Pembilasan untuk plastik dengan banyak kontaminan seperti contohnya lemak, minyak, oli bekas, dan lem dapat dilakukan sebanyak 3 kali. Sedangkan untuk tingkat kontaminasi yang lebih rendah cukup dilakukan pembilasan hingga 2 kali.

5. Pengeringan

Proses pengeringan bermaksud untuk menurunkan kadar air pada plastik cacahan agar supaya tidak lembab. Cara biasa untuk menentukan tingkat kebasahan plastik yaitu dengan digenggam menggunakan tangan. Pengeringan dapat dilakukan dengan teknik penjemuran diatas aspal atau terpal dan menggunakan oven dalam skala industri yang lebih besar.

6. Pengemasan

Hasil plastik cacahan yang telah didaur ulang kemudian diubah menjadi biji plastik dan dikemas dalam wadah untuk mempermudah mobilisasi menuju proses selanjutnya menjadi barang baru yang dapat dipakai kembali.

Itulah pembahasan saya mengenai cara membuat biji plastik tanpa mesin. Jika kalian ingin mengetahui lebih lanjut mengenai cara membuat biji plastik tanpa mesin dan macam-macam biji plastik, kalian juga bisa mengetahui tentang pemanfaatan botol aqua bekas yang ada di link ini. Untuk kalian yang ingin terjun ke usaha biji plastik tersebut, semoga pembahasan yang disampaikan ini dapat berguna serta membantu dan memberikan pengetahuan baru mengenai cara membuat biji plastik tanpa mesin.

Leave a Comment