Cara Membuat Seblak Kerupuk Bantat

Cara Membuat Seblak Kering Bantat

Pernah nggak, sih kamu berfikir kenapa makanan pedas dan nikmat dinamai seblak? Ternyata nama seblak berasal dari kata “nyeblak”yang dalam bahasa sunda mempunyai arti mengagetkan.

Seblak mempunyai tingkatan kepedasaan dari level 1-5,karena rasanya yang pedas sebaiknya kamu jangan makan seblak dalam keadaan perut kosong.Jika kamu yang tidak menyukai makanan yang berkuah kamu tetap bisa menikmati lezatnya seblak varian kering.

Seblak sekarang banyak variasi menunya seperti ditambahkan bakso,sosis,jamur,telur,mi dan lain-lainnya.Ternyata seblak juga sudah ada di daerah cianjur bagian selatan sejak dari zaman sebelum kemerdekaan.Makanan ini adalah makanan alternatif kaum masyarakat ekonomi lemah sebagai pengganti jajanan.

Banyak hal yang sedikit banyak mempengaruhi kualitas rasa dari kerupuk seblak bantat, pertama dari jenis bahan, lalu pemilihan bahan segar, sampai cara mengolah dan menyajikannya. Tak perlu pusing jika mau menyiapkan kerupuk seblak bantat yang enak di rumah, karena asal sudah tahu triknya maka hidangan ini dapat jadi sajian spesial.

Berikut ini ada beberapa tips dan trik praktis untuk membuat kerupuk seblak bantat yang siap dikreasikan. Anda bisa membuat Kerupuk Seblak Bantat memakai 7 bahan dan 4 tahap pembuatan. Berikut ini cara dalam membuat hidangannya.

Bahan-bahan dan bumbu yang digunakan untuk menyiapkan Kerupuk Seblak Bantat:

  1. Gunakan 1/2 kg kerupuk
  2. Siapkan 1 kg Minyak Goreng
  3. Ambil Secukupnya Kencur
  4. Ambil Secukupnya Cabai Bubuk
  5. Gunakan Secukupnya Bawang putih
  6. Siapkan Secukupnya Daun jeruk
  7. Siapkan Secukupnya penyedap rasa (aku pakai royco sapi)

Seblak khas Bandung ini berbahan dasar kerupuk mentah yang kemudian sengaja direndam dengan air panas agar bantat. Kemudian seblak khas Bandung disajikan dengan telur atau tambahan spesial. Umumnya seblak kerupuk ini kering tanpa kuah jadi lebih tahan lama di bandingkan dengan Sambil menunggu minyak-nya panas, Aduklah kerupuk tersebut hingga berubah menjadi mekar bantat dan.. Seblak Makaroni Bantet PedasKerupuk seblak dengan bumbu yang di olah dari bahan bahan yang berkualitas original home made dan tanpa bahan pengawet, membuat cita rasa seblak yang.

Langkah-langkah menyiapkan Kerupuk Seblak Bantat:

  1. Rendam Kerupuk dengan minyak goreng selama 3 jam, fungsinya agar kerupuk Bantat / Tidak terlalu mengembang
  2. Iris Tipis Bawang Putih, Kencur, Daun Jeruk. Kemudian goreng dengan api kecil.
  3. Kemudian masukkan ke dalam plastik bening, dan tumbuk dengan ulekan. Jika sudah halus, tuangkan ke wadah semua bumbu yg sudah di goreng dan di haluskan, lalu campur bubuk cabai dan royco, aduk sampai merata.
  4. Campurkan bumbu tadi, ke kerupuk yg sudah di goreng, ratakan dan tes rasa.

Kerupuk seblak pedas dari riki yg sudah tidak diragukan lagi pedasnya. kerupuk seblak adalah kerupuk yg digoreng tidak mengembang sempurna (bantat) lalu ditaburi bumbu rempah dan bubuk. Follow them to see all their posts. Ada seblak kering, seblak ceker, seblak mie, seblak kerupuk, seblak makaroni, seblak cilok, seblak bakso, serta ada banyak yang lain. Ingin membuat seblak sendiri di dalam rumah yang enak serta. Ada beberapa macam-macam kerupuk seblak yaitu ada kerupuk Seblak Basah dan kerupuk Seblak Kering.

 

Varian Olahan Lain Seblak

Seblak Mie Instan

Bahan-Bahan:

  • Mie instan 2 bungkus
  • Telur ayam 1 buah
  • Sawi hijau 1 ikat
  • Sosis 2 buah
  • Garam 1 sdt
  • Merica 1 sdt
  • Daun bawang  1 batang

Bahan Halus:

  • Cabe merah 2 buah
  • Bawang merah 2 siung
  • Bawang putih 2 siung

Cara Membuat Seblak mie instan:

  1. Masak mie instan sampai matang tiriskan dan campurkan bumbu mie instan.
  2. Iris halus bawang merah,bawang putih,daun bawang,cabe merah
  3. Tumis bahan-bahan tadi sampai aromanya tercium
  4. Lalu masukkan telur dan sosis yang sudah di iris-iris,orak-arik dengan bumbu sampai tercampur rata.
  5. Masukkan mie lalu aduk hinnga rata dan tuangkan segelas air matang.
  6. Tambahkan sawi yang sudah dicuci dan di iris-iris
  7. Jika sudah matang angkat dan pindahkan ke piring penyajian,seblak mie instan siap dihidangkan.

 

Leave a Comment