Cara Pembuatan Minyak Goreng Sederhana Namun Menyehatkan

Cara pembuatan minyak goreng, beragam masakan di buat menggunakan minyak goreng. Entah itu salad ataupun gorengan. Bahan poko satu ini merupakan bahan yang wajib ada, walaupun dengan berkembangnya zaman terdapat teknologi menggoreng tanpa minyak.

Minyak sangat di perlukan untuk kebutuhan produksi pelaku usaha. Minyak goreng dari kelapa dan kelapa sawit merupakan minyak yang banyak di gunakan oleh para produsen makanan untuk  membuat produk.

Selain minyak kelapa dan kelapa sawit, terdapat beberapa jenis minyak yang dapat di gunakan untuk menggoreng. Sebut saja minyak zaitun. Berikut adalah materi tentang cara pembuatan minyak goreng sehat.

 

Cara Pembuatan Minyak Goreng Sehat Bikin Tubuh Kuat

cara pembuatan minyak goreng

Jenis minyak goreng yang banyak membuat masyarakat dapat memilih sesuai dengan kebutuhannya. Terdapat minyak kelapa yang dapat di gunakan untuk menggoreng makanan dengan suhu yang bisa di bilang tinggi.

Manfaat Minyak Zaitun Untuk Tubuh

Minyak zaitun mempunyai banyak manfaat untuk Kesehatan tubuh, selain itu minyak ini juga di gunakan untuk membuat produk kosmetik dan juga dapat untuk melembapkan kulit. Berikut adalah manfaat dari minyak zaitun.

1. Memberikan Kelembaban Alami Kulit

Masalah kulit kering yang dialami orang Indonesia yang di sebabkan oleh temperatur cuaca yang berubah-ubah. Sehingga membutuhkan kelembapan ekstra, minyak satu ini dapat menjadi solusi dengan bantuan vitamin E yang dimilikinya.

Pengaplikasiannya di gunakan sebelum tidur dengan syarat mencuci muka dahulu agar kulit bersih. Kemudian langsung oleskan minyak zaitun, dalam pengolesan harus hati-hati apalagi jika terkena daerah sensitif seperti dekat mata.

2. Mencegah Penuaan Dini

zat linoleic acid yang terkandung dalam minyak zaitun memiliki beberapa manfaat. Salah satu kegunaan kandungan tersebut yakni untuk membantu menjaga kadar air pada kulit wajah, sehingga tidak mudah muncul keriput pada wajah.

3. Menghilangkan Jerawat Membandel

Minyak ini dapat membantu menghilangkan jerawat membandel dengan cara yang alami. Cara pengaplikasiannya pun sangat mudah, yakni Cukup dengan mengoleskan minyak yang sebelumnya sudah di hangatkan ke bekas jerawat.

4. Anti Inflamasi

Kandungan lain yang terdapat dalam minyak ini adalah anti oksidan yang berjenis polifenol. Yang bermanfaat untuk melindungi sel-sel dari kerusakan. Senyawa ini juga yang mengandung sifat anti inflamasi.

Efek penggunaan polifenol sangat baik untuk tulang dan pencernaan. Selain itu minyak ini juga dapat meningkatkan fungsi otak.

5. Mengontrol Tekanan darah

Manfaat lain yang di dapat dari penggunaan minyak zaitun adalah dapat menormalkan tekanan darah. Namun, penggunaannya harus sesuai dengan resep dokter agar tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya.

6. Meningkatkan Kolesterol Baik

Kandungan lemak tak jenuhnya dapat membantu menurunkan kolesterol. Maka dari itu minyak ini banyak di gunakan untuk membantu program diet seseorang.

7. Pencegahan Kanker

Menurunkan risiko terhadap terjadinya kanker kolorektal. Selain itu, minyak ini juga sangat cock untuk Wanita, karena dapat menurunkan risiko kanker payudara yang sangat mematikan.

8. Pencegahan Stroke

Orang yang mengonsumsi minyak zaitun ini lebih sukar terkena penyakit stroke jika di bandingkan dengan orang yang sama sekali tidak mengonsumsi. Namun pemakaiannya harus tepat, artinya tidak boleh berlebihan.

9. Lotion Rambut Alami

Rambut kering yang disebabkan oleh proses bahan kimia seperti rebounding juga catok dapat di obati dengan minyak ini. Dengan kata lain minyak ini dapat di jadikan sebagai lotion rambut yang berguna untuk menutrisi rambut kembali.

Cara pemakaiannya yakni cukup mudah, hanya dengan mengoleskan minyak pada kulit kepala. Jangan lupa untuk memberi sedikit pijatan agar minyak meresap. Diamkan dengan keadaan tertutup selama 10 menit.

Untuk mencegah rambut rontok dapat mengombinasikan minyak dengan kuning telur dan juga madu.

10. Melebatkan Pertumbuhan Rambut

Hal ini bisa di lakukan dengan cara menggabungkan minyak dengan alpukat. Pengaplikasiannya pun cukup mudah, hanya dengan mencampurkan alpukat dengan minyak dan kemudian di jadikan masker rambut seperti pada umumnya.

Baca juga : Resep Membuat Abon Daging Sapi

Cara Membuat Minyak Zaitun

Minyak yang satu ini memiliki manfaat yang sangat banyak, seperti yang sudah di jelaskan selain untuk produk kecantikan juga dapat di gunakan untuk minyak goreng sehat. Namun harganya sangat mahal.

Hal itu sangat sesuai dengan khasiat yang akan di dapat jika menggunakan minyak satu ini, Berikut adalah cara membuat minyak zaitun.

1. Pemilihan Buah Zaitun.

Pemilihan ini tergantung selera, namun memiliki syarat yakni bahan baku tersebut harus fresh atau baru di panen. Jika di lihat dari manfaat yang di dapat penggunaan zaitun matang lebih banyak manfaat daripada yang mentah.

Tetapi, jika dilihat dari segi rasa dan juga titik didih yang dimiliki tidak jauh berbeda. Zaitun mentah memiliki warna kehijauan, sedangkan zaitun matang memiliki warna keemasan.

  • Cuci sampai bersih

Cuci buah zaitun dengan menggunakan air bersih yang mengalir sambil di gosok menggunakan tangan. Proses ini harus di lakukan sampai benar-benar bersih, karena akan mempengaruhi kualitas dari minyak.

Setelah di cuci bersih keringkan buah zaitun sampai benar-benar kering tanpa ada sisa air sedikit pun.

  • Menggunakan buah tersebut sesegera mungkin

Jika ingin mendapat kualitas minyak yang bagus segerakanlah untuk mengolah buah pada saat setelah di petik. Jika ingin menunda proses pengolahan pindahkan dan simpan dalam wadah kaca dan masukkan ke chiller.

Dan sebelum di olah harus di sortir terlebih dahulu dari buah yang benyek dan busuk agar tidak mempengaruhi hasil minyak.

2. Proses Menggiling dan Menekan Zaitun

Jika di buat di rumahan bisa menggunakan wadah cekung dan menghancurkan zaitun menggunakan ulekan. Hancurkan sampai menjadi pasta, kemudian campurkan dengan air. Setelah itu gunakan blender tangan untuk mencampur air dan pasta.

4. Ekstrasi Minyak

  • Aduk pasta dengan cepat sampai minyak zaitun terlihat
  • Diamkan pasta dengan menutupnya dengan kain bersih selama 10-20 menit
  • Siapkan potongan kain katun
  • Tuangkan pasta di atas kain katun secukupnya
  • Bungkus pasta dalam kain katun dan letakkan pemberat di atasnya
  • Tunggu sampai cairan keluar
  • Jika cairan sudah terkumpul ambil minyak yang sudah muncul dengan menggunakan pipet penyuntik
  • Simpan hasil minyak pada wadah kaca

Leave a Comment