Membuat Lemet Singkong Agar-Agar

Membuat lemet singkong agar-agar, lemet singkong dengan membuat lemet singkong tanpa kelapa, merupakan salah satu masakan tradisional Indonesia yang dibuat dengan bahan-bahan yang diproduksi di nusantara.

Membuat Lemet Singkong Agar-Agar

Makanan tradisional ini sering dijadikan sebagai sumber karbohidrat karena terbuat dari ubi jalar. Singkong sering diolah dengan cara yang unik dan khas, berbagai kuliner yang nikmat. Panen yang melimpah, terutama di Nusantara, meskipun merupakan tanaman asli Yogyakarta, timus ditemukan di Jawa Tengah, termasuk Tegal.

Ada juga makanan yang disebut “Lemy” di Sunda. Namun, sedikit berbeda karena terbuat dari singkong sebagai bahan dasarnya. Lemet Yam adalah makanan tradisional yang terbuat dari singkong sebagai bahan utama dengan tambahan gula dan sedikit tepung tapioka. Mesin pemotong singkong.

Proses pembuatan lemet singkong sangat sederhana dan bisa dibuat sendiri, sudah dicuci bersih, kemudian dikupas dan diparut, bisa dihaluskan atau dicairkan dengan stick blender. Campur yucca dengan tepung tapioka dan gula pasir, haluskan hingga halus lalu bentuk bola-bola dari adonan tersebut.

Kemudian goreng hingga berwarna kuning keemasan, singkong siap disantap, mulut menjadi kurang renyah, lembut di luar dan lembut di dalam, banyak orang memilih makanan ini, singkong murah memiliki banyak manfaat kesehatan Terbuat dari singkong, yang kaya akan vitamin A dan C, Beta karoten, serat dan rendah kalori, sangat baik untuk menurunkan berat badan.

 

Manfaat Singkong

Singkong mengandung banyak kalori, 100 gram singkong mengandung 110-150 kalori, jumlah kalori ini lebih tinggi dari kalori jenis umbi-umbian lainnya seperti kentang dan ubi jalar, memberikan energi ekstra untuk aktivitas sehari-hari dengan makan yucca.

Selain kalori, yucca juga tinggi karbohidrat kompleks dan serat. Kedua nutrisi ini membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan, mengurangi peradangan, dan mengontrol kadar gula darah. Mengontrol kadar gula darah juga mengurangi risiko diabetes tipe 2 dan obesitas.

Namun, manfaat singkong untuk menstabilkan kadar gula darah perlu dikaji lebih lanjut. Selain kalori, singkong juga tinggi karbohidrat kompleks dan serat. Kedua nutrisi ini membantu menjaga kesehatan saluran pencernaan, mengurangi peradangan, dan mengontrol kadar gula darah.

Diabetes tipe 2 dan obesitas juga berkurang, namun manfaat singkong dalam menstabilkan kadar gula darah perlu dikaji lebih lanjut. Singkong termasuk makanan dengan nilai indeks glikemik yang rendah yaitu makanan tersebut tidak menyebabkan kadar gula darah naik dengan cepat.

Saat ini ada beberapa penelitian yang menyatakan bahwa singkong bermanfaat untuk mencegah diabetes dan resistensi insulin, bahkan singkong dikatakan dapat membantu mengontrol darah Gula. tingkat.

Secara historis, singkong juga telah digunakan sebagai obat alternatif untuk mengobati kelelahan, diare, infeksi, masalah kesuburan dan untuk menginduksi persalinan. Namun, manfaat Yucca
sebagai pengobatan alternatif belum terbukti secara medis.

 

Manfaat Lemet Singkong

Singkong bukanlah makanan desa dan juga tidak dikonsumsi oleh masyarakat miskin karena harganya yang relatif rendah. Bahan makanan berbentuk akar ini bisa menggantikan nasi dan menjadi makanan pokok di beberapa tempat. Singkong juga bisa digunakan sebagai teh atau kopi di sore hari.

Minuman diproses dengan cara dipanggang, direbus, dipanggang, dimasak, kue atau makanan lezat seperti getuk, tiwul, lemet, keripik atau tepung tapioka. Beberapa manfaat singkong untuk kesehatan:

1. Memperbaiki Sirkulasi Darah

Kandungan zat besi dalam singkong berperan dalam pembentukan sel darah merah, mencegah anemia dan meningkatkan aliran darah dan oksigenasi, menjaga sel-sel tersebut tetap sehat.

2. Bergizi untuk Ibu Hamil

Wanita hamil membutuhkan vitamin B dalam jumlah tinggi, termasuk asam folat, untuk mencegah cacat lahir.

3. Menyehatkan Pencernaan

Kandungan serat dalam yucca mendukung kesehatan pencernaan dan proteinnya juga baik untuk mendukung proses metabolisme.

4. Kesehatan Tulang

Singkong kaya akan vitamin K, kalsium dan zat besi, yang penting untuk menjaga kesehatan tulang.

5. Kesehatan Saraf

Kandungan vitamin K dalam singkong juga baik untuk menjaga kesehatan saraf dan mengurangi risiko terkena penyakit alzheimer.

6. Menurunkan Tekanan Darah

Singkong mengandung potasium, mineral penting yang dibutuhkan tubuh yang merupakan vasodilator yang dapat mengurangi tekanan dan stres pada aliran darah dan pembuluh darah, membuat aliran darah dan sistem kardiovaskular lebih cair.

7. Sumber Tenaga

Karbohidrat merupakan sumber energi yang dibutuhkan tubuh, singkong tinggi karbohidrat namun tidak memiliki lemak jenuh atau kolesterol sehingga sumber energi tetap tersedia dan tidak membuat kita cepat lapar.

 

Membuat Lemet Singkong Agar-Agar

Bahab-Bahan :

  • Resep Lemet Singkong Agar Agar
  • Bahan-Bahan :
  • Singkong (1 kg)
  • Agar- agar swalau hijau (2 bungkus)
  • Gula merah (2 bulat)
  • Kelapa setengah tua (1 butir)
  • Daun pisang, secukupnya
  • Garam (1 sdt)
  • Gula putih (3 sdm)

Cara Membuat Lemet Singkong Agar-Agar :

  1. Siapkan singkong, kupas kulit singkong hingga benar-benar bersih.
  2. Setelah dikupas, cuci singkong hingga benar-benar bersih. Parut singkong dengan alat parutan.
  3. Ambil agar agar merek apa saja (Saya pake agar-agar swalow yang warnanya hijau).
  4. Kemudian siapkan gula merah, iris-iris tipis gula merah.
  5. Campurkan kelapa parut dengan irisan gula merah, aduk-aduk hingga semuanya tercampur merata.
  6. Lalu siapkan wadah untuk membuat adonan.
  7. Masukan singkong yang sudah diparut, agar-agar, gula pasir dan garam kedalam wadah, aduk-aduk hingga tercampur rata.
  8. Siapkan daun pisang yang akan digunakan, sebelum itu bersihkan daun pisang dengan lap agar bersih.
  9. Ambil satu lembar daun pisang, letakan adonan lemet singkong diatanya sebanyak 1-2 sendok makan lalu masukan gula merah (untuk isian).
  10. Lakukan pembungkusan hingga selesai, lalu siapkan alat kukusan yang sudah diisi air secukupnya.
  11. Kukus selama kurang lebih 20-25 menit hingga matang.
  12. Angkat kemudian dinginkan kue, jika sudah dingin lemet singkong siap disantap.

Leave a Comment