Cara Membuat Pakan Ikan Lele Dari Dedak Untuk hemat Pengeluaran

Cara membuat pakan ikan lele dari dedak bisa menjadi pilihan untuk dijadikan stok ketersediaan pakan ternak. Cara pembuatan pakan lele memang harus lebih diperhatikan. Terlebih lagi jika untuk memenuhi ketersediaan kualitas dan kuantitas pakan ternak ikan lele.

Ketersediaan pakan bagi ternak yang kita pelihara merupakan syarat penting dalam usaha untuk budidaya peternakan. Baik itu usaha budidaya ternak unggas, sapi, kambing ataupun dalam budidaya ternak ikan. supaya usaha ternak berjalan dengan baik maka pakan harus selalu tersedia sesuai dengan kebutuhan.

Dalam usaha budidaya ternak perikanan, pakan merupakan komponen utama untuk menunjang keberhasilan ternak ikan lele. Mengapa seperti ini? Dikarenakan ikan lele mempunyai nafsu makan yang terbilang tinggi.

Jadi untuk para peternak ikan lele dianjurkan untuk mencukupi kebutuhan pakan lele setiap harinya guna menghasilkan lele yang berkualitas bagus.

Pemenuhan kecukupan pakan ikan lele ini yang bisa membuat para peternak menjadi dilema membudidayakan ikan lele. Pasalnya, pakan lele yang dijual dan ditawarkan di pasaran biasanya masih tergolong mahal harganya.

Yang mana bisa membuat cost atau beban biaya menjadi semakin tinggi. Sedangkan, sebagai pengusaha kita menginginkan menggunakan modal yang minim dan mendapatkan profit secara maksimum. Maka alternatif untuk mengurangi beban pengeluaran, yakni dengan membuat pakan ikan lele secara mandiri.

Selain bisa menghemat biaya pengeluaran, sebetulnya pembuatan pakan ikan lele dengan  mandiri cukup mudah untuk dilakukan. Dalam proses pembuatan pakan lele yang mudah didukung dengan menggunakan bahan-bahan pembuatan pakan lele yang mudah untuk ditemukan di mana pun. Maka membuat ini menjadi semakin  mudah untuk dipraktikkan.

Selain tentang masalah pembiayaan, sebagai peternak  ikan lele wajib memenuhi standar dari nutrisinya. Untuk pakan lele pastinya harus sudah memenuhi nilai FCR nya (Feed Conversion Ratio), yakni perhitungan konversi kebutuhan pakan bagi pertumbuhan ikan. Supaya mendapatkan pertumbuhan dan hasil panen yang baik selama dalam proses budidayanya.

Apa Itu Dedak Bekatul ?cara membuat pakan ikan lele dari dedak

Sebelum masuk ke bagian bagaimana proses pembuatan pakan ikan lele terbuat dari dedak, sebaiknya kita mengenal apa itu dedak bekatul terlebih dahulu. Dedak ialah hasil sampingan dari proses penggilingan padi menjadi beras yang menggunakan mesin giling sekam.

Dedak yakni lapisan terluar dari butir padi yang diikuti dengan beberapa jumlah biji. Sementara bekatul ialah lapisan dalam suatu butir padi, termasuk sebagian yang kecil dari lapisan endosperm.

Jika diperhatikan pada bagian teksturnya, dedak bekatul terasa lebih halus daripada dengan dedak pada umumnya. Jika dedak padi umumnya masih tersisa kulit padi, sedangkan dedak bekatul telah bersih dari kulit padi.

Jika direndam dalam air, dedak bekatul akan tenggelam dan tidak menyisakan kotoran yang mengapung pada permukaan air. Sedangkan dedak padi umumnya akan menghasilkan kotoran yang berupa kulit-kulit padi yang mengapung pada permukaan air ketika direndam.

Dedak bekatul sering dipakai untuk bahan pakan ternak unggas. Seiring dengan berjalannya waktu, sudah terungkap jika dedak bekatul bisa digunakan sebagai bahan pakan alternatif atau pengganti untuk ikan lele yang mana juga bisa mempercepat proses pertumbuhan ikan lele.

Dikarenakan di dalam dedak bekatul mengandung kandungan serat dan protein. Nah, Kedua bahan ini berperan penting untuk pertumbuhan ikan lele.

Bahan Cara Membuat Pakan Lele dari Dedak yaitu  :

  • Yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu yaitu dedak bekatul sebanyak 5 kg dapat diperoleh dari hasil penggilingan dengan menggunakan mesin giling sekam.
  • Siapkan pelet ikan sebanyak 2,5 kg
  • Mengambil garam dapur sebanyak 5 sendok makan
  • Minyak sayur secukupnya
  • Air yang telah dimasak sebanyak 5 liter
  • Panci sebagai wadah dalam pembuatan

Cara Membuat Pakan Lele dari Dedak  :

  1. Masukkan kemudian campur semua bahan yang telah disiapkan pada sebelumnya. Masukkan semua bahannya yakni dedak, pelet ikan, dan garam, bekatul ke dalam panci, lalu tuangkan air sebanyak 5 liter.
  2.  Langkah berikutnya yakni mengaduk seluruh bahan yang telah tercampur hingga merata kemudian biarkan selama satu jam.
  3.  Sesudah didiamkan selama satu jam, tuangkan minyak sayur secukupnya saja. Kemudian aduk adonan pakan sampai merata.
  4. Selanjutnya, simpan dan biarkan adonan pakan selama 1 malam supaya pakan telah siap diberikan kepada ikan lele ketika esok hari.

Manfaat Pakan Organik :cara membuat pakan ikan lele dari dedak

Pakan organik yakni salah satu pakan ikan lele yang bisa menunjang pertumbuhan dan mengakibatkan ikan lele akan cepat besar. Pakan organik ini pasti mempunyai banyak manfaat.

Manfaat yang mungkin secara umum bisa dirasakan ialah dengan memakai dan membuat pakan organik sendiri bisa membuat anggaran untuk biaya pakan bisa sedikit berkurang.

Untuk lebih jelasnya, berikut ialah beberapa manfaat dengan menggunakan pakan organik.

  • Penggunaan pakan ternak akan menjadi lebih hemat
  • Biaya untuk pemeliharaan ikan lele akan menjadi lebih hemat
  • Persentase kematian ikan lele bisa berkurang
  • Tidak perlu sering- sering mengganti air kolam ikan
  • Sedikit bahkan tidak memakai bahan kimia yang berbahaya
  • Tidak menimbulkan bau yang menyengat

 

Leave a Comment