Cara Membuat Sirup Gula Aren

Sirup gula aren atau bisa juga menggunakan gula jawa atau gula merah sebagai alternatif pemanis berbagai makanan dan minuman. Sirup kental berwarna cokelat ini cenderung dipadukan dengan kopi atau susu.cara buat gula aren cair atau sirup gula aren juga cukup mudah

Gula aren dianggap lebih sehat daripada gula pasir. kandungan gizi gula aren lebih unggul dari gula biasa yang hanya memberikan kalori. Serat inulin yang terkandung dalam gula aren mampu menjaga kesehatan pencernaan dan kadar indeks glikemik gula aren lebih rendah dibandingkan gula pasir.

Gula aren biasanya dibuat dengan cara tradisional,namun ada juga yang menggunakan mesin pembuat gula,dengan menggunakan mesin ini pembuatan gula akan lebih mudah dan cepat

Gula aren memiliki indeks glikemik 54 dan gula pasir memiliki indeks glikemik 60. Satu hal yang perlu diingat adalah jumlah kalori dan karbohidrat dalam gula aren hampir sama dengan gula biasa. Oleh karena itu, jangan mengkonsumsi terlalu banyak

Cara Membuat Gula Aren Cair

cara buat gula aren cair

 1.Gula aren dan bahan lainnya

Siapkan 1 kg gula aren murni dan berkualitas baik, 100 gram gula pasir, 2 lembar daun pandan dipotong-potong dan 1/2 sendok teh garam dan 500 ml air.

Gula pasir harus ditambahkan untuk meningkatkan rasa manis gula aren. Sementara itu, tambahkan sedikit garam untuk aksen asin yang enak dari gula aren yang legit.

2.Rebus gula aren

Iris tipis gula aren agar mudah meleleh. Masukkan ke dalam panci, tambahkan gula, air, daun pandan dan garam. Masak dengan api kecil sambil diaduk-aduk hingga mendidih dan bergelembung merata di permukaan. Setelah mendidih, diamkan beberapa saat hingga airnya sedikit menguap.

3. Saring

Matikan api, biarkan panas. Saring sirup gula merah dan biarkan hingga dingin. Kemas dalam botol atau stoples dengan tutup yang rapat. Sirup gula merah siap digunakan untuk membuat kolak, pemanis es krim, es krim kelapa muda atau es cendol.

Simpan sirup gula merah di tempat yang sejuk dan sejuk. Jika sudah dingin dan menjadi sedikit lebih kental, celupkan sebentar botol atau toples ke dalam air panas sampai sirup gula merah mencair kembali.Itulah cara buat gula aren cair

Manfaat Gula Aren

  1. Mengatasi anemia

Manfaat gula aren dapat mencegah anemia. Gula aren memiliki kandungan zat besi yang tinggi yang mungkin bermanfaat bagi penderita anemia. Selain itu, pada gula aren juga terdapat kandungan vitamin B1, B2, B6 dan B12. Gula aren juga mampu membantu dalam meningkatkan kadar hemoglobin dalam darah. Dan dapat melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Konsumsi gula aren secara teratur dapat mencegah anemia dan membantu penyembuhan sindrom polikistik ovarium (PCOS) pada wanita.

  1. Menangkal radikal bebas

Kandungan antioksidan gula aren juga bermanfaat bagi tubuh untuk menangkal radikal bebas di dalam tubuh. Dengan mengkonsumsi gula aren kita dapat menangkal radikal bebas. Radikal bebas adalah salah satu penyebab penuaan pada kulit. Kandungan polifenol antioksidan gula aren berada di balik manfaat gula aren untuk membantu mencegah penyakit jantung dan penyakit utama lainnya.

  1. Sumber energi tambahan

Seperti pada gula pasir, gula aren juga merupakan salah satu sumber karbohidrat yang berarti dapat menjadi sumber energi. Manfaat gula aren jika dikonsumsi mampu memberikan energi yang diperlukan oleh tubuh untuk bergerak dan beraktivitas.

  1. Meningkatkan Stamina

Manfaat gula aren selanjutnya dapat meningkatkan stamina atau stamina tubuh. Rasa manis gula aren mampu menghangatkan suhu tubuh. Selain itu, gula aren secara implisit dipercaya dapat membantu meningkatkan sirkulasi darah, mengurangi rasa sakit, dan memperkuat limpa.

  1. Melancarkan Pencernaan

Gula aren memiliki kandungan inulin yang dapat membantu meningkatkan pencernaan. Serat inulin dapat membantu mengontrol bakteri usus, memperbaiki pencernaan, dan meningkatkan penyerapan mineral tubuh Anda. Gula aren dapat dikonsumsi sebagai pemanis dalam teh herbal yang digunakan untuk memperbaiki pencernaan.

Leave a Comment