Camilan Enak Dari Singkong, Dijamin Ketagihan!

Camilan Enak Dari Singkong

Singkong merupakan makanan pokok yang dapat diolah menjadi beragam camilan, lantas apa saja camilan enak dari singkong? simak yuk!

Pengertian

Sebelum masuk ke aneka camilannya, kita cari tahu dulu ya soal singkong, singkong itu apa sih…?

Ubi kayu memiliki banyak nama lain, diantaranya adalah ubi prancis, ubi sampa, ubi kayu, singkong, hingga kaspe (Manihot esculenta), singkong merupakan perdu tropis serta subtropis tahunan yang berasal dari suku Euphorbiaceae. Umbinya populer di kalangan luas karena menjadi makanan pokok dengan menghasilkan karbohidrat serta pada bagin daunnya diolah menjadi sayuran.

Udah tahu kan apa itu singkong? Langsung saja yuk kita bahas camilan enak dari singkong di bawah ini!

Camilan Enak Dari Singkong

1. Kroket Singkong

Tidak cuma kentang, kroket juga dapat kalian olah dengan memakai singkong untuk menjadi bahan utamanya. Bahan dalam proses pembuatan kroket singkong antara lain adalah, singkong kukus yang sebelumnya harus dihaluskan, gula pasir, mentega, serta parutan keju cheddar. Seluruh bahan disatukan kemudian dibentuk menjadi bulat mirip seperti kroket pada umumnya. Selanjutnya, digoreng sampai tekstur bagian luarnya menjadi garing dan juga renyah.

2. Ketimus

Ketimus adalah camilan yang berasal dari singkong kemudian dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Proses dalam pembuatannya juga lumayan gampang, singkong diparut selanjutnya disatukan bersama dengan kelapa parut, gula merah, vanili, garam, serta irisan nangka. Setelah semuanya dicampur menjadi satu, kemudian bungkus dengan menggunakan daun pisang dan dikukus dalam waktu 20 menit.

3. Lemet Singkong

Lemet singkong merupakan jajanan jadul dan berasal dari singkong yang telah diparut. Kemudian ditambahkan isian berupa gula merah yang telah disisir dan juga kelapa parut dengan bentuk kasar. Adonan dibuat bentuk menjadi lonjong, selanjutnya dibungkus dengan menggunakan daun pisang. Dan langkah berikutnya, dikukus.

4. Getuk Keju

Getuk adalah makanan yang sejak ada dari jaman dahulu yang masih dapat kalian jumpai dalam beberapa kota besar yang ada di Indonesia. Kalian dapat mengolahnya secara mandiri getuk di rumah dengan menggunakan bahan yang sederhana, contohnya adalah singkong kukus hingga menjadi lembut, garam, margarin, serta keju cheddar agar terlihat lebih kekinian.

5. Getuk Goreng

Di Kota Banyumas terdapat camilan yang berasal dari singkong dan dibuat dengan menggunakan cara digoreng. Itu merupakan makanan yang memiliki nama getuk goreng. Gorengan yang satu ini mempunyai rasa manis dan juga legit yang dapat dijadikan sebagai teman ngopi pada pagi hari. Bahan yang diperlukan dalam pembuatannya antara lain adalah singkong, kelapa parut, gula merah, garam, serta minyak. Untuk menjadi bahan celupannya, dapat menambahkan tepung terigu, tepung beras, gula, baking powder, garam, dan juga air.

6. Getuk Lindri

Proses dalam pembuatan getuk lindri sangatlah gampang, kalian hanya perlu menyatukan antara lain adalah singkong kukus yang sebelumnya telah dihaluskan, gula pasir, vanili, serta air. Untuk menjadi bahan dalam taburannya, tambahkan kelapa parut serta garam. Kalian juga dapat mencampurkan pewarna makanan supaya penampilan pada getuk menjadi lebih menarik.

7. Jemblem

Masih dengan olahan singkong yang diolah dengan cara digoreng, jeblem adalah makanan tradisional yang berasal dari singkong dan juga ditambahkan kelapa parut. Adonan dibentuk dengan menggunakan cara dikepal-kepalkan memakai. Kemudian, diberi tambahan isi berupa gula merah. Selanjutnya adonan digoreng dengan menggunakan minyak panas yang telah dipanaskan sebelumnya di dalam wajan dalam jumlah yang banyak.

8. Donat Tape Singkong

Singkong dapat dijadikan sebagai bahan dalam membuat donat.  Sebelumnya, olah singkong untuk dijadikan sebagai tape sebagai bahan dasarnya.  Setelah itu, satukan antara tape singkong bersama dengan adonan donat maupun campuran kue yang lainnya. Donat yang berasal dari tape singkong, mempunyai aroma yang harum dan memiliki tekstur lembut.  Berikan donat tape singkong yang telah kalian buat dengan aneka macam topping supaya terlihat lebih menarik.

9. Singkong Thailand Empuk

Camilan yang berasal dari singkong dan praktis disebabkan karena cukup hanya dilakukan perebusan saja ini dapat untuk kalian olah di rumah dengan cara yang mudah. Cara dalam pembuatannya adalah dengan mempersiapkan singkong yang telah dikupas dan juga sudah dipotong dengan memiliki ketebalan 1,5 cm, kemudian ditambahkan dengan garam, daun pandan, air, gula, serta tepung sagu. Olah dengan cara bersamaan sampai singkong menjadi terlapisi dengan campuran larutan gula. Hidangkan bersama dengan saus santan serta taburan wijen supaya lebih nikmat.

10. Ongol Ongol Singkong

Biasanya, ongol-ongol berasal dari tepung sagu. Akan tetapi, kalian dapat mengolahnya dengan menggunkan bahan dasar berupa singkong. Proses dalam pembuatannya adalah dengan menyatukan singkong yang diparut sebelumnya dengan tetesan pewarna supaya terlihat cerah. Berikutnya, balut dengan menggunakan kelapa yang sudah diparut. Ongol-ongol pun siap untuk dihidangkan menjadi camilan pada saat berkumpul bersama dengan keluarga.

11. Singkong Goreng Keju Merekah

Singkong goreng merupakan camilan pinggir jalan yang digemari oleh banyak orang. Proses dalam pembuatan camilan yang berasal dari singkong ini terbilang gampang untuk diikuti. Akan tetapi, kalian perlu untuk tahu tentang kunci supaya singkong bisa jadi merekah yakni dengan disiram air dingin maupun air es.

12. Keripik Singkong Pedas

Proses dalam pembuatan keripik singkong pedas tidak susah, kalian hanya perlu untuk mempersiapkan singkong dengan memiliki ukuran sedang, air kapur sirih, garam, air, serta minyak yang akan digunakan untuk menggoreng. Untuk menjadi  bahan bumbu pedasnya, siapkan bahan antara lain adalah bawang merah, cabai merah dengan ukuran besar, cabai merah keriting, daun salam, garam, gula merah, asam jawa, dan yang terakhir adalah minyak. Iris singkong kemudian keringkan di atas api sedang. Goreng sampai menjadi matang. Tumis bersama dengan bumbu balado sampai seluruh permukaan menjadi terbalut.

13. Singkong Goreng Balado

Masih dengan menggunakan bumbu balado, kalian juga dapat membuat olahan camilan yang berasal dari singkong dengan menggunakan cara digoreng. Satukan bersama dengan bumbu balado pedas kemudian sajikan untuk menjadi camilan siang hari yang dapat membuat kenyang.

14. Combro

Combro adalah camilan gurih yang berasal khas dari Sunda dan mempunyai isian berupa tumisan oncom yang memiliki rasa pedas. Bagian luar yang terdapat pada combro berasal dari singkong parut yang disatukan bersama dengan kelapa parut, serta garam. Combro sendiri makanan yang banyak dijual di pinggir jalan, namun tidak ada salahnya untuk kalian mengolahnya secara mandiri di rumah.

15 Stik Singkong Keju

Agar terlihat lebih kekinian, kalian dapat membuat olahan yang berasal dari singkong dengan cara direbus sampai berubah menjadi empuk selanjutnya disatukan bersama dengan tepung tapioka serta parutan keju. Aduk-aduk kemudian bentuk hingga mirip seperti stik selanjutnya goreng sampai berubah menjadi matang. Kalian dapat menyajikannya dengan beraneka macam saus supaya telihat lebih lezat.

Leave a Comment