Cara Menggunakan Minyak Telon pada Bayi

Jika sudah minyak telon yang bagus untuk bayi misal minyak kayu putih Cineole dragon , Anda juga perlu mengetahui bagaimana cara menggunakan minyak telon yang tepat. Hal ini penting dilakukan agar manfaat yang didapatkan bisa maksimal dan juga tidak menimbulkan bahaya pada bayi. Adapun cara tepat menggunakan minyak telon pada bayi yang sebagai berikut.

 

1. Pahami bagian-bagian yang boleh dioles minyak telon

Bagi Anda orang tua yang hendak mengoleskan minyak telon yang bagus untuk bayi, sebaiknya pahami dahulu bagian-bagian mana saja yang boleh dioleskan minyak telon. Pasalnya, tidak semua bagian dari tubuh anak dan bayi bisa dioleskan minyak telon. Jika Anda mengoleskan bagian-bagian yang dilarang, dikhawatirkan menimbulkan bahaya pada bayi.

Lantas bagian mana saja yang boleh dioleskan minyak telon yang bagus untuk bayi? Bagian-bagian yang boleh dioleskan hanyalah di bagian dada, perut, punggung dan juga telapak kaki. Hindari mengoleskan minyak telon terbaik untuk bayi di area wajah, mulut atau telapak tangan karena ditakutkan minyak telon masuk ke mata ataupun mulut.

 

2. Jangan oleskan minyak telon terlalu banyak

Mengoleskan minyak telon yang bagus untuk bayi terlalu banyak dan sering, merupakan salah satu cara yang salah. Jika Anda mengoleskan minyak telon terlalu banyak dan sering, akan membuat bayi merasa tidak nyaman karena sensasi panasnya yang berlebihan.

Anda cukup mengoleskan minyak telon setelah mandi saja. Pasalnya, minyak telon mampu bertahan lama di tubuh bayi, selama bayi tidak berkeringat. Jadi, Anda tidak perlu sering-sering dan terlalu banyak mengoleskan minyak telon.

 

3. Hindari mengoleskan minyak telon saat terjadi iritasi

Tips menggunakan minyak telon yang bagus untuk bayi selanjutnya yaitu hindari mengoleskan minyak telon jika bayi yang sedang mengalami iritasi pada kulitnya. Jika Anda tetap memaksakan menggunakan minyak telon saat kondisi kulit bayi mengalami iritasi, maka akan membuat iritasi semakin buruk. Oleh karena itu, Anda dilarang mengoleskan minyak telon terlebih dahulu saat mengalami iritasi.

Apabila Anda tetap ingin mengoleskan minyak telon yang bagus untuk bayi, sebaiknya hindari bagian kulit yang mengalami iritasi. Namun,jika iritasi tidak kunjung membaik, sebaiknya segeralah berkonsultasi dengan dokter agar mendapatkan penanganan yang tepat.

4. Jangan gunakan minyak telon untuk tambahan minum bayi

Apakah Anda sering menambahkan minyak telon untuk minuman bayi dan anak? Di kalangan masyarakat, beredar mitos bahwa menambahkan minyak telon yang bagus untuk bayi pada minuman bayi mampu mencegah perut kembung. Namun sebenarnya, cara yang satu ini adalah sesuatu yang salah dan harus dihindari.

Jika Anda mencampurkan minyak telon yang bagus untuk bayi pada minuman bayi, justru menimbulkan masalah pencernaan seperti diare. Hal ini karena, minyak telon pada dasarnya adalah obat luar, bukan untuk diminum. Jika Anda ingin mencegah atau mengatasi perut kembung, cukup oleskan minyak telon secukupnya pada perut bayi.

Leave a Comment