Manfaat Dari Rumput Paragis Serta Kegunaannya

Sering di buang serta di hancurkan dengan mesin pencacah, ternyata manfaat yang terdapat pada rumput paragis ini sangatlah banyak.

Sering di anggap tanaman hama yang mengganggu, manfaat rumput paragis ini ternyata dapat berguna untuk kesehatan. Bahkan rumput paragis ini memiliki segudang manfaat bagi kesehatan.

Pada penelitian hindawi menunjukan jika ekstrak yang di buat menggunakan rumput paragis ini mempunyai aktivitas antioksidan in vitro selain sifat antibakteri. walaupun begitu, masih perlu penelitian lebih lanjut untuk mendapatkan hasil yang valid  dari efek antioksidan in vitro dan juga in vivo.

Manfaat rumput paragis

Mengenal Rumput Paragis

Rumput paragis adalah salah satu spesies rumput yang berasal dari keluarga Poaceae. Rumput ini adalah rumput yang berbentuk kecil yang tersebar pada seluruh area yang cenderung lebih hangat, yang suhunya dapayt mencapai 50 derajat celcius. Untuk di beberapa area mungkin keberadaan rumput ini akan mengganggu.

Rumput paragis tumbuh subur dengan sangat baik pada area yang mempunyai kondisi tanah yang di padatkan di bawah sinar matahari langsung. Karena mudah tumbuh, rumput paragis ini sering di kait kaitkan dengan keberadaan tanaman pengganggu atau gulma. Rumput paragis ini dapat di jumpai di kebun, padang rumput, area limbah, dan juga pada pinggir jalan.

Menurut dari Journal Plos One manfaat dari rumput paragis dapat di rasakan akibat memiliki kandungan antioksidan dan juga ativitas anti inflamasi dari ekstrak tanaman rumput paragis yang sering di manfaatkan dalam teknik pengobatan tradisional.

Manfaat Rumput Paragis

Beberapa manfaat dari rumput paragis antara lain adalah:

1. Aktivitas Anti Kanker

Rumput paragis mempunyai aktivitas anti kanker dan juga antioksidan yang dapat membantu untuk mencegah pertumbuhan sel kanker yang ada di dalam tubuh. Hal ini dapat dengan efektif menghilangkan mioma serta menghilangkan kista ovarium pada tubuh.

Olah rumput paragis terlebih dahulu, olah tanaman tersebut menjadi teh untuk di konsumsi secara teratus pada padi hari atau pun sebelum tidur saat malam hari yang akan bermanfaat dapat menghilangkan kista.

2. Penyakit Ginjal

Rumput pagis memiiki diuretik alami yang dapat meningkatkan julah air di dalam tubuh. Hal ini dapat menghilangkan racun dan agen yang lain melalui urin yang membantu menjaga masalah ginjal. Lebih jauh lagi, hal ini akan bermanfaat untuk mengatasi masalah penyakit ginjal.

3. Bermanfaat Untuk Luka, Radang Sendi Dan Parasit

Radang sendi sendiri adalah penyakit yang umum di temukan pada orang tua yang bisa di cegah cengan cara mengoleskan tanaman rumput pagis pada area yang terkena, ini lah sebagai contoh manfaat tanaman rumput pagis yang lainnnya.

Cara melakukannya adalah dengan memasukkan campuran tanaman rumput pagis dan kelapa parut sampai menjadi panas setelah itu balut pada are ayang sakit. Ini juga bisa di gunakan pada luka untuk menghantikan terjadinya pendarahan, menjadi pencahar yang kuat, dan juga menghilangkan cacing dan parasit yang ada di perut.

4. Diabetes Dan Tekanan Darah Tinggi

Dengan mengkonsumsi rumput pagis ini dalam bentuk teh setiap hari akan dapat menghilangkan diabetes serta tekanan darah tinggi. Ini juga dapat menurunkan suhu tubuh dengan memberikan bantuan dari demam serta menghilangkan ketombe dari rambut.

Tanaman rumput pagis juga berkhasiat untuk menyembuhkan penyakit penyakit yang lain seperti hemoptisis, gangguan liver, gangguan kandung kemih, malaria, penyakit kuning, epilepsi, dan juga kemandulan pada wanita.

 

 

Leave a Comment