Beragam Manfaat Pada Keripik Nangka

Manfaat Pada Keripik Nangka

Keripik nangka merupakan keripik yang sangat familiar di dengar telinga, ingin tahu manfaat pada keripik nangka? berikut selengkapnya!

Keripik

Keripik atau biasa juga disebut dengan kripik merupakan sejenis makanan ringan berbentuk irisan tipis yang berasal dari umbi-umbian, buah-buahan, maupun sayuran yang digoreng dengan menggunakan minyak goreng yang sebelumnya telah dipanaskan. Untuk memperoleh hasil rasa yang gurih dan renyah umumnyaa dicampur bersama dengan adonan tepung yang diberi sampuran bumbu rempah tertentu.

Secara umum keripik dibuat dengan melewati proses penggorengan, namun ada juga dengan hanya melewati tahap penjemuran, maupun pengeringan. Keripik dapat memiliki rasa yang dominan asin, rasa yang pedas, rasa manis, rasa asam, rasa gurih, hingga perpaduan dari keseluruhan rasa yang telah disebutkan sebelumnya. Keripik singkong banyak diproduksi di kota Kembang Bandung dengan beraneka ragam rasa serta varian. Di Yogyakarta terdapat keripik yang terbuat dari bahan dasar jamur tiram.

Manfaat Pada Keripik Nangka

Di dalam makanan ini banyak terdapat kandungan  gizi dan nutrisi yang diperlukan oleh tubuh. Kandungan yang terdapat di dalamnya yakni tinggi serat, protein, energi, karbohidrat, vitamn A, B kompleks, C, E, asam folat, serta niacin. Selain itu, makanan ini juga banyak mengandung kandungan mineral misalnya kalsium, zat besi, magnesium, mangan, fosfor serta selenium. Kandungan-kandungan tersebut didapatkan dari bahan dasar dalam proses membuat makanan yang satu ini. Untuk kalian yang ingin mengetahui apa saja manfaat pada keripik nangka yang satu ini, berikut ini merupakan daftar manfaatnya.

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Khasiat keripik nangka yang nomor pertama membantu dalam peningkatan kekebalan yang ada dalam tubuh. Kandungan vitamin C yang terdapat di dalamnya memiliki manfaat untuk memperkuat daya tahan tubuh sehingga dapat mencegah kalian dari beraneka ragam macam penyakit. Oleh sebab itulah, kalian dapat mengkonsumsi makanan ini.

2. Menjaga Kesehatan Tulang

Supaya menjaga kesehatan tulang kalian dapat memakan keripik nangka. Hal ini disebabkan karena dalam makanan ini memiliki kandungan magnesium serta kalsium yang mempunyai peran yang penting dalam menjaga serta memperkuat tulang sehingga dapat mencegah kalian dari resiko terkena osteoporosis atau bisa juga disebut pengeroposan tulang.

3. Mencegah Kerusakan Sel

Selain memiliki manfaat dalam menjaga kesehatan tulang, keripik nangka juga dapat melakukan pencegahan kerusakan sel. Kandungan yang terdapat dalam makanan ini bisa menaikkan zat antioksidan dalam tubuh sehingga dapat mencegah dari resiko kerusakan sel yang berada dalam tubuh. Oleh sebab itu, mulailah memakan makanan yang satu ini.

4. Menjaga Kesehatan Otak

Otak adalah struktur pusat yang mengatur sebagian besar fungsi yang ada dalam tubuh. Untuk menjaga kesehatan yang ada pada otak dapat dilaksanakan dengan banyak memakan keripik nangka. Kandungan asam folat yang terkandung di dalamnya sangat baik dalam menjaga fungsi serta kesehatan pada otak.

5. Mencegah Anemia

Anemia atau biasa juga disebut dengan kekurangan darah dapat dicegah dengan banyak memakan keripik nangka. Kandungan zat besi yang terdapat di dalamnya berfungsi sebagai pembentukan sel-sel darah merah sehingga dapat membuat pencegahan terjadinya anemia.

6. Menjaga Kesehatan Darah

Darah adalah cairan yang berperan dalam melakukan pengiriman zat-zat dan oksigen yang diperlukan oleh jaringan yang ada dalam tubuh. Untuk menjaga kesehatan dalam darah dapat dilakukan dengan cara banyak memakan keripik nangka. Kandungan zat besi yang terdapat di dalamnya terbukti bisa menjaga kesehatan yang ada pada darah.

7. Menjaga Kesehatan Jantung

Organ jantung memiliki peran yang sangat penting untuk tubuh. Dengan rajin memakan keripik nangka maka dapat memberikan manfaat dalam menjaga kesehatan pada jantung. Kandungan vitamin B6 yang terdapat di dalamnya sangat diperlukan supaya menjaga kesehatan jantung sehingga dapat mencegah kalian terhindar dari resiko terkena penyakit jantung.

8. Mencegah Hipertensi

Apabila kalian termasuk salah satu penderita hipertensi atau biasa disebut tekanan darah tinggi maka kalian dapat memakan keripik nangka. Kandungan potassium yang terdapat di dalamnya bisa membantu dalam melakukan pengendalian terhadap tekanan darah sehingga dapat mencegah terjadinya resiko terkena hipertensi.

9. Menyehatkan Perut

Perut memiliki fungsi sebagai tempat penyimpanan makanan. Untuk menyehatkan perut dapat dilaksanakan dengan cara memakan keripik nangka. Hal ini disebabkan karena kandungan serat yang terdapat di dalamnya bisa menjaga kesehatan perut sehingga makanan ini baik apabila dikonsumsi.

10. Menjaga Kesehatan Kulit

Keripik nangka juga sangat memiliki manfaat dalam menjaga kesehatan pada kulit. Kandungan vitamin B2 yang terdapat di dalamnya sangat efektif dalam melakukan penjagaan terhadap kesehatan kulit sehingga dapat mencegah dari terjadinya resiko kerusakan atau iritasi yang ada pada kulit.

9 Manfaat Pada Keripik Nangka Lainnya

  1. Membuat pencegahan terhadap penyakit kanker
  2. Menjaga kesehatan yang ada pada mata
  3. Membantu melakukan pengontrolan terhadap detak jantung
  4. Menyembuhkan gangguan yang terjadi pada pencernaan
  5. Menaikkan energi yang ada dalam tubuh
  6. Mencegah terjadinya penyakit degeneratif
  7. Menjaga kesehatan yang ada pada tulang
  8. Menurunkan tekanan yang terdapat dalam darah
  9. Melakukan pencegahan terhadap kesehatan kuku serta rambut

 

Leave a Comment