Cara Membuat Gelato Coklat dengan Mesin Ataupun Tanpa Mesin

Cara Membuat Gelato Coklat – Gelato, siapa yang tidak kenal dengan makanan lezat yang satu ini? Pasti kamu sudah pernah mencobanya bukan? Gelato dan es krim berbeda lho. Gelato yang terkenal dari negara Spaghetti ini sudah ada sejak berpuluh-puluh tahun silam.

Namun, baru terkenal di Indonesia sekitar tahun 2015 hingga saat ini. Nah, sebelum menuju ke cara pembuatannya, mari simak pengertian dari gelato berikut ini ya.

Gelato berasal dari bahasa Italia yaitu congelato, yang berarti beku. Kata tersebut diambil dari kata congelare yang memiliki arti membekukan, dimana congelare menjadi proses utama dalam pembuatan gelato.

Gelato umumnya memiliki lebih banyak varian rasa daripada dessert beku lainnya. Selain itu, gelato juga memiliki kepadatan yang berbeda daripada es krim lainnya, dikarenakan perbedaan yang signifikan dalam proses pembuatannya.

Namun, tidak ada salahnya mwncoba. Kunci membuat gelato ialah waktu dan ketelatenan. Kali ini, Anda bisa membuat gelato cokelat dengan topping fudgy brownies bertajuk Chocolate Intense Gelato.

Gelato dapat disajikan layaknya es krim pada umumnya, seperti dalam cup, cone, gelas, topping agar-agar, dan lain sebagainya.

Resep Chocolate Intense Gelato

Cara Membuat Gelato Coklat

Bahan Gelato Coklat

  • 2.400 gram susu pasteurisasi,
  • 120 gram krim,
  • Kandungan lemak 30 persen,
  • 200 gram gula sukrosa,
  • 40 gram dekstrosa,
  • 28 gram pengemulsi dan stabilizer house blend,
  • 300 gram dark intense chocolate powder.

Bahan Fudgy Brownies

  • 180 gram dark chocolate couverture,
  • 107 gram mentega,
  • 312 gram gula sukrosa,
  • 138 gram (3 butir) telur,
  • 6 gram ekstrak vanili,
  • 119 gram tepung terigu serbaguna,
  • 38 gram bubuk kokoa,
  • 3 gram garam,
  • 94 gram chocolate couverture .

Cara Membuat Gelato Coklat Menggunakan Mesin

1. Fudgy Brownies : Masukkan mentega dan dark chocolate couverture ke dalam panci, pakai panci dengan bagian bawah tebal agar cokelat tidak cepat gosong. Lalu lelehkan cokelat.

2. Tambahkan gula sukrosa, garam, terigu, bubuk kokoa, dan ekstrak vanili. Masukkan cokelat yang sudah dilelehkan. Campur adonan menggunakan mixer. Tambahkan bubuk kokoa dan juga tepung terigu.

3. Pecahkan telur satu per satu masukkan dalam wadah terpisah, masukkan ke dalam wadah mixer. Lakukan . Campur rata sampai teksturnya agak lengket. Kalau mau lebih fudgy lagi boleh menggunakan brown sugar atau gula apapun yang mengandung molasses. Tujuannya untuk membuat teksturnya lebih chewy.

4. Masukkan chocolate couverture tadi. Aduk lagi hingga merata. Tuangkan adonan ke dalam loyang yang sudah dilapisi kertas roti, agar tidak lengket.

5. Panggang brownies dalam oven dengan suhu 180 derajat celsius selama kurang lebih 30 menit. Dinginkan di suhu ruangan. Potong brownis berbentuk dadu. Llu, sisihkan.

6. Gelato Cokelat : Masukkan wadah untuk adonan hasil akhir gelato ke dalam freezer. Diamkan. Siapkan wadah seperti stoples plastik untuk memudahkan mencampur bahan-bahannya. Masukkan susu pasteurisasi, krim, dark intense chocolate powder, gula sukrosa, dan dekstrosa. Fungsi dari dextrose yang kita mau cari di sini adalah untuk mengurangi penggunaan sugar agar rasanya tidak terlalu manis.

7. Tambahkan pengemulsi dan juga stabilizer. Campur semua bahan gelato tersebut menggunakan mixer.

8. Masukkan gelato ke dalam mesin untuk dipasteurisasi selama kurang lebih 20 menit. Setelah dipasteurisasi, diamkan adonan gelato selama minimal 4 jam. Lalu dinginkan, churning, dan masukkan udara ke dalam adonan gelato.

Proses tersebut menggunakan mesin. Jika Anda ingin membeli mesin gelato, kami rekomendasikan di Rumah Mesin karena harganya terjangkau dan kualitasnya juga bagus. Tujuan dari churning agar tekstur gelato lebih empuk dan terasa meleleh di lidah. Jika tidak ada udara, tekstur akan keras. Durasi churning tergantung adonan dan setting suhu.

9. Tuangkan adonan gelato ke dalam wadah yang tadi di simpan dalam freezer. Beri topping fudgy brownies yang tadi sudah dibuat. Gelato sudah siap disajikan. Sisanya simpan lagi dalam freezer.

Tips Membuat Gelato Tanpa Mesin

Lakukan semua proses pembuatan gelato di atas sampai poin 7. Lalu, panaskan gelato menggunakan panci. Panaskan adonan tersebut dengan suhu 85 derajat celsius.

Angkat dan segera masukkan gelato di dalam freezer sampai suhu 2 derajat celsius. Anda bisa juga pakai cara seperti membuat es puter. Masukkan adonannya ke dalam plastic clip. Masukkan garam yang banyak dan es batu ke dalam plastic clip yang lebih besar. Fungsi garam yaitu menurunkan suhu es batu. Kocok plastic clip sampai adonan gelato benar-benar sudah dingin.

Leave a Comment