Mau Tahu Jenis Kemasan Kopi Bubuk? Simak Ini!

Jenis kemasan kopi bubuk harus diperhatikan dengan seksama, karena jenis kemasan juga dapat menentukan kualitas kopi bubuk yang ada didalamnya. Jadi dalam pemilihan kemasan kopi bubuk para pebisnis kopi harus benar benar cermat.

Terlebih lagi dalam memperhatikan proses pemilihan bahan kemasan dan metode pengemasan yang juga harus cermat, karena proses tersebut dapat menentukan mutu serta kualitas dari bubuk kopi.

Dibawah ini akan dibahas mengenai jenis kemasan kopi bubuk, silahkan disimak ya!!!

 

Kopi Bubuk

kopi bubuk

Kopi bubuk adalah biji kopi yang sudah diproses, disangrai dan digiling halus dalam bentuk butiran-butiran kecil sehingga mudah diseduh dengan air panas dan bisa dikonsumsi.

 

Tujuan Pengemasan Kopi Bubuk

Sebagai pebisnis kopi, kamu perlu memperhatikan kualitas kopi dalam pengemasan. Berikut beberapa alasan mengapa kamu perlu mengemas kopi dengan baik.

1. Melindungi Kopi dari Kerusakan

Kopi bubuk merupakan jenis produk yang mudah rusak. Kerusakan tersebut dapat disebabkan oleh kelembaban air yang tinggi, oksigen (udara) atau juga suhu tinggi. Maka dari itu kemasan yang baik seharusnya dapat melindungi produk yang disebabkan dari faktor lingkungan tersebut.

2. Memudahkan Penyimpanan dan Distribusi

Kopi dalam kemasan akan lebih mudah disimpan dan distribusikan. Selain itu, selama proses distribusi, kopi pun tidak akan berceceran. Manfaat lain dari kemasan yaitu dapat mempermudah proses perhitungan jumlah produk. Jadi resiko produk hilang, rusak, tercecer, dapat diketahui dengan mudah.

3. Menjadi Ciri Khas Kopi

Kemasan produk ibarat baju bagi manusia. Kamu bisa menciptakan desain kemasan sehingga produkmu dapat dibedakan dengan produk lain secara lebih mudah oleh konsumen.

Desain kemasan kopi juga dapat dijadikan sebagai sarana branding. Kamu bisa mengirimkan pesan kepada customer melalui label kemasan, logo atau warna kemasan. Jika kemasan kamu unik dan menarik maka konsumen akan dengan mudah mengenali produk kopimu.

 

Bahan Kemasan Kopi Bubuk

bahan pengemas kopi bubuk

Banyak bahan yang bisa digunakan untuk mengemas kopi bubuk, berikut ini adalah beberapa bahan yang paling umum digunakan dalam penggunaan kemasan kopi bubuk, seperti mengemas kopi cap bintang sampai dengan mengemas kopi yang lainnya.

1. Plastik

Plastik merupakan bahan serbaguna yang paling umum digunakan untuk produk apapun. Begitupun dengan produk kopi bubuk, mulai dari kopi jadul hingga kopi kekinian. Karena harganya yang terjangkau membuat plastik sering kita jumpai sebagai kemasan kopi

2. Alufoil (Aluminium Foil)

Ini juga bahan yang sangat cocok untuk kemasan kopi. Karena aluminium foil dapat tahan panas, jadi dapat memberikan pelindungan lebih pada kopi. Aluminium foil ini juga alan memberi kesan eksklusif pada produk kopi yang dikemas.

3. Metalize

Jenis ini sering dibilang mirip dengan aluminium foil, namun sebenarnya berbeda. Perbedaannya dapat dilihat dalam warna yang lebih terang dan mengkilap. Metalize dserig dipilih para pebisnis kopi karena harganya lebih murah dari aluminium foil.

4. Kertas

Kertas menjadi salah satu kemasan tertua, bahkan kertas ditemukan dan dipasarkan  sebelum plastik. Paper bag menjadi salah satu kemasan kopi yang terbuat dari kertas.

 

Jenis Kemasan Kopi Bubuk

Setelah mengetahui bahan kemasan kopi bubuk, sekarang kita bahas mengenai jenis kemasan kopi bubuk yang juga paling umum digunakan.

1. Kemasan Gusset

Jenis kemasan ini terbuat dari bahan aluminium foil, yang umumnya memiliki ketebalan 90 micron. Dengan ketebalan tersebut kemasan ini dapat menjaga kopi bubuk dari paparan sinar matahari dan juga udara dari luar. Sehingga aroma khas kopi masih akan tetap terjaga.

Kemasan ini memiliki sisi yang berbeda, ada yang dua sisinya tertutup ada pula yang satu sisinya terbuka dibagian atas. Didalam kemasan ini juga disertakan klip atau zipper yang berfungsi sebagai segel.

Sekarang untuk menyegel dapat lebih cepat dan mudah karena menggunakan continuous sealer atau mesin hand sealer yang dapat kamu beli di Rumah Mesin. Perusahaan yang menyediakan berbagai mesin untuk membantu industri. Seperti mesin perontok padi, vacuum sealer, dan yang lainnya.

2. Kemasan Kopi Karung Goni

Sekarang jenis kemasan ini sudah mulai diaplikasikan untuk packaging berbagai macam produk, termasuk kopi bubuk. Dengan menggunakan kemasan ini selain unik juga menjadi salah satu bentuk kepedulian terhadap lingkungan.

3. Kemasan Standing Pouch One Way Valve

Jenis kemasan ini juga menggunakan bahan aluminium foil, yang umumnya memiliki ketebalan 125 mikron, dilengkapi juga dengan katup satu arah(bahan nylon). Jadi sangat cocok untuk kemasan kopi bubuk, karena dapat tahan terhadap paparan sinar matahari.

4. Kemasan Vacuum

Jenis kemasan kopi bubuk yang kedap udara ini dapat menjaga kondisi kopi agar tetap awet, karena oksigen juga bisa menyebabkan kopi cepat basi. Namun kemasan ini kurang disarankan untuk kopi bubuk karena dapat membuat kopi tersedot oleh mesin.

 

Cara Memilih Kemasan Kopi Bubuk

cara memilih kopi bubuk

Kemasan merupakan hal yang sangat penting bagi kelangsungan produk saat dipasarkan. Kamu dapat memilih kemasan yang tepat untuk produk kopimu. Karena jika salah memilih kemasan bisa saja produk yang sudah susah payah dibuat akan cepat kadaluarsa sebelum waktunya.

Berikut terdapat cara memilih kemasan yang bisa kamu terapkan pula untuk produk kopi mu.

1. Sesuaikan Ukuran Produk dengan Kemasan

Sebelum melakukan pengemasan alangkah baiknya kamu menyesuaikan ukuran produk kopimu dengan kemasan. Usahakan masih terdapat ruang kosong pada kemasan, untuk menghindari kerusakan kemasan akibat kepenuhan.

2. Pilih Jenis Kemasan Sesuai Kebutuhan

Kemasan yang tepat harus memperhatikan jenis kemasan dengan kebutuhan. Hal ini bisa disesuaikan dengan produkmu membutuhkan jenis kemasan transparan, kombinasi, atau full foil.

3. Fitur yang Tepat

Kemasan memiliki tiga fitur yang dapat kamu pilih, yaitu :

  • Fitur Vacuum, biasa digunakan untuk meningkatkan daya tahan atau lama kadaluarsa suatu produk. Namun ini tidak disaranka untuk kopi bubuk, karena nantinya bubuk kopi akan ikut terhirup oleh mesin vacuum
  • Fitur Zipper, mampu melindungi produk dari sinar matahari dan oksigen.
  • Fitur Valve, berperan mengeluarkan gas dari dalam kemasan, namun udara luar tidak dapat maasuk kedalam kemasan.

4. Tentukan Material Kemasan

Dalam memilih kemasan kopi, para pebisnis dapat memilihnya dengan memperhatikan material. Karena nantinya itu dapat mempengaruhi kualitas kopi. Kamu dapat memilih material kemasan seperti apa yang ada pada bahan kemasan kopi bubuk diatas.

 

Penutup

Itulah dia pembahasan mengenai jenis kemasan kopi bubuk yang semoga dapat bermanfaat. Salam pebisnis!

Leave a Comment