Apa Saja Sih Kelebihan dari Kemasan Plastik? Yuk Cari Tahu!

Plastik. Dalam kehidupan sehari-hari kita sering menjumpai barang dengan bahan plastik. Bahan-bahan ini biasanya berupa kemasan makanan, minuman, kue kering, snack, bahkan kini lemari, kursi, dan toples juga berasal dari plastik. Plastik sendiri menpunyai bermacam-macam jenis. Penggunaan plastik pada kemasan dan barang sehari-hari sudah tidak bisa kita elakkan lagi. Kenapa banyak pelaku usaha menggunakan plastik? Atau kenapa plastik begitu digemari? Kelebihan dari kemasan plastik ada banyak, hal itu yang membuat banyak orang menggunakan plastik.

Pengertian

kelebihan dari kemasan plastik

 

Bahan plastik dibuat dengan cara polimerisasi, cara ini adalah membentuk dan menyusun secara sambung menyambung bahan-bahan dasar plastik yang biasa disebut monomer. Setelah Perang Dunia ke-II, beragam jenis kemasan plastik fleksibel muncul dengan pesat.

Sebagai bahan pembungkus, plastik bisa dipakai dalam bentuk tunggal, komposit ataupun lapisan multilapis dengan bahan lain, (hal ini bisa antara plastik dengan plastik yang berbeda jenis, plastik dengan kertas atau lain sebagainya). Kombinasi-kombinasi tadi disebut dengan aminasi. Dengan demikian, kombinasi dari berbagai janis plastik bisa menghasilkan beragam bahkan ratusan jenis kemasan.

Apa itu kemasan dengan bahan plastik? Kemasan jenis ini merupakan salah satu kemasan yang sering dipakai untuk membungkus atau mengemas produk sebelum nantinya dipasarkan kepada konsumen. Kemasan dengan bahan plastik cukup populer karena murah, memiliki berbagai macam bentuk, mudah untuk dicari, ukuran dan juga kualitasnya beragam.

Karena hal itu, banyak pelaku usaha yang memanfaatkan plastik sebagai kemasan produk mereka.

Kelebihan dari Kemasan Plastik

kelebihan dari kemasan plastik

Ada banyak produk baik itu makanan atau minuman yang dikemas menggunakan bahan dari plastik. Tak bisa dipungkiri, banyak pelaku usaha memilih plastik sebagai kemasan mereka. Pemilihan jenis kemasan ini mempertimbangkan beberapa hal.

Hal yang dipertimbangkan ini antara lain jenis makanan yang disediakan,apakah makanan itu cocok dikemas dengan material kertas atau plastik. Selain itu harga, keamanan produk, desain, dan lain-lain juga menjadi bahan pertimbangan para produsen.

Lalu apa saja kelebihan dari kemasan plastik ini? Kenapa banyak orang menggunakan plastik? Untuk itu, berikut ini beberapa kelebihan dari kemasan plastik, yaitu :

1. Tahan Terhadap Perubahan Cuaca

Kelebihanpertama yang bisa kita peroleh dari kemasan plastik adalah tahan terhadap perubahan cuaca. Sehingga produk makanan atau minuman aman dikirim dengan segala kondisi cuaca, baik saat panas terik maupun hujan. Kemasan berbahan plastik juga tahan dari air. Nantinya kamu tidak perlu khawatir makanan rusak, karena air tidak bisa masuk ke dalam kemasan selama kemasan tertutup dengan rapat.

2. Desain Bisa Disesuaikan

Karena sifatnya yang fleksibel, kemasan plastik dapat didesain dengan beragam keinginan, sehingga dapat membuat bentuk seperti amplop, standing pouch, kotak panjang, dan lain sebagainya. Selain itu kemasan plastik bisa dibuat polos, ditempel logo, ataupun bisa juga didesain full dari depan sampai belakang sesuai kebutuhan produk.

3. Terlihat Menarik

Keunggulan ketiga dari pemakaian kemasan plastik pada makanan adalah bisa membuat produk terlihat lebih menarik. Kemasan plastik terdiri dari banyak jenis, ada yang transparan sehingga cocok jika kamu mau memperlihatkan tampilan produk. Ada juga yang tidak tembus pandang dan buram, jenis ini cocok digunakan untuk produk makanan yang dapat rusak karena suhu tinggi  atau panas matahari.

4. Melindungi Kualitas Makanan

Kemasan plastik bisa dibuat kedap udara, hal ini karenan kemasan bisa dikunci pada saat proses pengemasan. Sehingga kerenyahan makanan ringan, kesegaran makanan beku, dan sebagainya tetap terjaga dan terjamin. Oleh karena itu kemasan jenis plastik banyak dipakai untuk produk makanan yang melewati proses pengiriman jarak jauh.

5. Ringan

Sebagai seorang produsen tentunya kamu ingin mempunyai kemasan produk yang tidak boros dalam timbangan. Hal ini supaya aman dikirim online dan bisa mencegah ongkos kirim yang mahal. Tak hanya itu, kemasan yang ringan mudah dikemas dan disatukan di dalam dus besar.

6. Tidak Mudah Rusak

Penggunaan plastik sebagai kemasan makanan bisa membantu menjaga kualitas makanan terjaga dengan baik. Pasalnya kemasan plastik tidak mudah rusak, meskipun diletakan berhimpitan dengan produk lain, terjatuh, dan lainnya. Selain itu plastik tidak mudah sobek sehingga kualitas produk nya terjaga sampai diterima oleh pembeli.

7. Mudah Dibentuk dan Dikemas

Kelebihan selanjutnya dari plastik untuk kemasan makanan adalah mudah untuk dibentuk. Hal ini berarti bentuk plastik dapat disesuaikan dan dapat dikemas dengan mudah. Plastik juga memiliki bentuk yang fleksibel sehingga tidak butuh banyak ruang atau tempat untuk menata produknya.

8. Meningkatkan Standar Produk

Memakai kemasan plastik dapat membuat produk masuk pasar lebih luas dan meningkatkan nilai jual produk. Plastik membuat produk yang diproduksi memenuhi kriteria produk kemasan supaya dapat masuk ke supermarket, swalayan, dan juga minimarket.

Itu tadi penjelasan mengenai kelebihan dari kemasan plastik. Plastik tadi bisa dikemas dengan menggunakan vacuum sealer. Mesin ini nantinya bisa membuat produk dalam kemasan menjadi hampa udara. Hal ini baik karena membuat produkmu tetap aman, awet atau tahan lama, fresh, bersih, serta menarik.

Leave a Comment