Alat untuk Mengemas Plastik Supaya Produkmu Awet dan Aman!

Seperti yang kita tahu ada banyak sekali penggunaan plastik pada kemasan makanan atau barang sehari-hari. Plastik ini biasanya berupa kemasan makanan, minuman, kue kering, snack, bahkan kini lemari, kursi, dan toples juga berasal dari plastik. Plastik sendiri mempunyai beragam jenis. Dalam kehidupan sehari-hari penggunaan plastik sudah tidak bisa kita hindari. Semua jenis makanan instan dikemas menggunakan kemasan plastik. Namun, pernahkah kalian berfikir bagaimana plastik itu bisa membungkus makanan? Apa alat yang digunakan? Ada banyak alat untuk mengemas plastik supaya produkmu awet dan aman

Plastik

alat untuk mengemas plastik

Setelah Perang Dunia ke-II, beragam jenis kemasan plastik fleksibel muncul dengan pesat. Kombinasi dari berbagai jenis plastik bisa menghasilkan beragam bahkan ratusan jenis kemasan.

Kemasan plastik merupakan salah satu kemasan yang sering dipakai untuk membungkus atau mengemas produk sebelum nantinya dipasarkan kepada konsumen. Kemasan dengan bahan plastik cukup populer karena murah, memiliki berbagai macam bentuk, mudah untuk dicari, ukuran dan juga kualitasnya beragam. Beberapa kelebihan kemasan ini dibanding yang lainnya adalah

  • Tahan terhadap perubahan cuaca
  • Desain Bisa Disesuaikan
  • Terlihat Menarik
  • Melindungi Kualitas Makanan
  • Ringan
  • Tidak Mudah Rusak
  • Mudah Dibentuk dan Dikemas
  • Meningkatkan Standar Produk

Karena beberapa kelebihan di atas, banyak pelaku usaha yang memanfaatkan plastik sebagai kemasan produk baik makanan atau yang lainnya.

Alat untuk Mengemas Plastik

alat untuk mengemas plastik

Seperti yang disebutkan tadi ada banyak kemasan yang menggunakan plastik. Namun bentuk dari setiap kemasan ini berbeda antara satu dengan yang lainnya. Bentuk yang berbeda ini berasal dari alat yang berbeda pula.

Apa saja alat yang digunakan untuk mengemas plastik? Atau bagaimana cara alat-alat itu bekerja? Berikut ini beberapa akat untuk mengemas plastik pada kemasan, antara lain :

1. Hand Sealer

Hand sealer merupakan alat yang digunakan untuk merekatkan kemasan plastik dan aluminium foil yang sering dipakai untuk mengemas berbagai produk minuman dan makanan. Alat perekat plastik dan aluminium foil yang satu ini sering digunakan untuk mengemas kemasan sachet, standing pouch, dan lain sebagainya.

2. Vacuum Sealer

Alat ini atau vacuum sealer berfungsi untuk mengemas berbagai produk seperti ikan, daging, serta frozen food lainnya. Vacuum sealer membuat kemasan produk menjadi hampa udara. Dengan menggunakan mesin vacuum sealer, produk di dalam kemasan plastik akan lebih lama bertahan ( awet ) untuk disimpan dalam waktu yang lama, fresh, bersih, serta menarik.

3. Mesin Vacuum Packaging

Alat atau mesin vacuum packaging berfungsi untuk menghilangkan udara yang terdapat di dalam kemasan plastik yang berisi produk dan kemudian di segel dengan rapat. Tujuan dari pengemasan menggunakan alat ini sama dengan vacuum sealer yaitu supaya produk di dalam kemasan bisa bertahan lebih lama, karena bakteri atau jamur akan sulit berkembang, fresh, bersih, serta menarik.

4. Mesin Continuous Sealer

Continuous Sealer adalah alat atau mesin yang berfungsi untuk mengemas produk menggunakan bahan plastik kemasan secara kontinyu. Mesin jenis ini cocok digunakan untuk produk yang dikemas memakai kemasan sachet, standing pouch, dan jenis kemasan plastik fleksibel yang lain.

5. Mesin Laminating

Mesin Laminating bisa juga disebut sebagai mesin laminasi merupakan mesin yang berfungsi untuk melapisi berbagai dokumen atau produk yang bentuknya berupa lembaran. Fungsi dari pemakaian kemasan laminating ini salah satu contohnya berupa melindungi dan menjaga dokumen supaya tidak mudah kotor dan rusak.

6. Mesin Pengemas Sachet

Mesin Pengemas Sachet merupakan salah satu jenis mesin pengemasan khusus untuk produk yang menggunakan kemasan sachet. Alat atau mesin ini biasa dipakai untuk mengemas berbagai jenis produk serbuk seperti kopi, teh, liquid, gula, dan berbagai makanan ringan atau snack.

Dari banyaknya jenis peralatan dan mesin pengemas plastik minuman atau makanan diatas, mana saja yang sudah kamu miliki dan belum kamu coba? Sebagai produsen makanan atau minuman di bidang UMKM, kamu juga wajib mengetahui jenis-jenis alat untuk mengemas plastik tersebut.

Leave a Comment