Berbagai Macam Ragam Kerajinan Sabut Kelapa

Berbagai Macam Ragam Kerajinan Sabut Kelapa

Sabut Kelapa dapat dibuat untuk menjadi berbagai macam kerajinan, apa saja Ragam Kerajinan Sabut Kelapa? ini dia artikelnya!

Kerajinan Dari Sabut

Sabut yang berasal dari buah kelapa tidak digunakan, biasanya langsung dibuang begitu saja. Jika ada orang yang pintar dalam pemanfaatan sabut kelapa ini pasti akan mendapatkan untung yang berlimpah. Ada berbagai macam kerajinan yang berasal dari sabut kelapa yang bisa dibuat dengan cara yang gampang dengan menggunakan alat serta tambahan bahan lain yang sederhana.

Kegiatan dalam pengolahan sabut kelapa untuk menjadi sebuah kerajinan ini amat menyenangkan. Apalagi bahan ini tidak susah untuk dijumpai. Waktu luang bisa digunakan untuk membuat berbagai macam kerajinan yang mempunyai nilai jual yang cukup tinggi juga. Kesan keindahan yang terdapat pada sabut kelapa natural dan juga sangat berbaur bersama dengan alam.

Nilai seni yang diberikan dalam hasil olahan dari sabut kelapa ini mempunyai khasnya sendiri. Tidak ada yang bisa menandingi keindahan tekstur yang terdapat pada bahan ini. Menariknya cukup banyak sekali orang yang menyukai kerajinan yang berasal dari sabut kelapa. Hal ini karena katanya bisa untuk mengusir ular yang ada. Berikut ini merupakan contoh kerajinan dengan bahan dasar sabut kelapa yang sangat memukau, yakni:

Ragam Kerajinan Sabut Kelapa 

1. Matras Sabut Kelapa

Salah satu produk kerajinan yang berasal dari bahan dasar sabut kelapa yang unik merupakan matras dari sabut kelapa. Apabila yang selama ini matras yang sering dijumpai memiliki bahan dasar foam maka berbeda halnya dengan matras yang berbahan dasar dari sabut kelapa ini.

Fungsi yang terdapat dalam matras sabuk kelapa ini sama seperti matras pada biasanya yakni untuk mengistirahatkan tubuh. Akan tetapi matras yang berasal dari bahan dasar sabut kelapa ini mempunyai manfaat yang lebih besar bagi kesehatan manusia khususnya mereka yang mempunyai penyakit pada pinggang.

Matras ini sangat cocok untuk mereka dengan memiliki penyakit pinggang. Hal ini dikarenakan sifat matras ini yang lentur akan tetapi tidak dapat dengan mudah tertekan seperti foam. Matras ini juga dapat dipakai untuk menjadi campuran dalam lapisan untuk membuat spring bed.

Selain cocok bagi mereka yang telah berumur, matras ini juga menjadi tempat tidur bayi. Keunggulan lain yang terdapat pada matras ini adalah dapat menyerap bau secara cepat sehingga bayi menjadi tetap nyaman berada di atasnya walaupun telah berkali – kali terkena air.

2. Kasur

Sabut kelapa juga dapat untuk dibuat menjadi Kasur dengan cara mencampurkannya bersama dengan bahan yang lain. biasanya, untuk bahan dalam membuat Kasur, sabut kelapa akan dicampur bersama dengan bahan lateks karet sehingga memperoleh produk yang mempunyai kualitas yang baik.

Percampuran di antara sabut kelapa dengan karet lateks dapat membuat Kasur ini tidak lagi membutuhkan per atau pegas untuk membuatnya menjadi lentur. Kasur ini akan lentur secara alami melalui pemakaian campuran bahan – bahan yang sebelumnya.

Kelenturan yang terdapat pada Kasur ini didapakan dari proses pengeritingan sabut kelapa untuk menjadi matras serta dipadukan bersama dengan karet. Proses inilah yang membuat Kasur yang berasal dari sabut kelapa ini mempunyai kelenturan alami dan juga tidak kalah dengan Kasur yang lainnya.

Keunggulan kerajinan yang berasal dari sabut kelapa ini merupakan sifatnya yang anti bakteri, dan juga anti air. Jadi walaupun terkena ompol anak atau terkena tumpahan susu makan akan sangat gampang untuk dibersihkan dan tidak gampang menjadi bau. Kasur ini sangat aman digunakan anak – anak ataupun bayi.

3. Tali Tambang

Tali tambang yang berasal dari bahan dasar sabut kelapa ini sebenarnya dasar dari pembuatan kerajinan dari sabut kelapa yang lainnya. Kerajinan ini terbuat dari tahap yang cukup lama melewati proses pelilitan sabuk kelapa sampai berubah menjadi sebuah tali tambang.

Tali yang berasal dari bahan dasar sabut kelapa ini biasanya dibuat dengan memakai beberapa variasi lilitan yang lebih terkenal dengan teknik ply. Secara umum, untuk membuat tali tambang ini memakai 2 kali lilitan atau ply. Ada juga lilitan dengan memakai 3 ply atau dapat disesuaikan dengan keperluan saja.

Tali sabut ini mempunyai kekuatan yang besar sehingga tidak kalah dengan tali yang biasanya sering ditemui. Oleh karena itu tali yang berasal dari sabut kelapa dapat untuk dimanfaatkan oleh masyarakat Indonesia pada kehidupan. Contoh penggunaanya yakni untuk menjadi sebagai tali kapal, cocomesh dan lain sebagainya.

4. Cocomesh Jaring

Seperti yang telah dikatakan sebelumnya, Cocomesh adalah pengaplikasian lain yang berasal dari bahan tali tambang yang dibuat dari sabut kelapa. Untuk membuatnya, tali tambang tersebut dianyam sampai membentuk suatu pola yang kalian inginkan. Biasanya pola ini mempunyai jarak 2×2, 3×3 atau 4×4 cm yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan.

Keunggulan dari cocomesh jarring yang berasal dari sabut kelapa adalah daya tahannya yang lumayan sangat lama. Hal ini karena pada pembuatannya, cocomesh ini terbuat dari bahan – bahan alami sehingga tidak heran apabila daya tahannya lama yakni sekitar 2 tahun.

Cocomesh biasanya dipakai untuk reklamasi tambang serta membuat hijau kembali area tambang yang telah digerus. Produk ini memiliki fungsi sebagai media tanam untuk cover trop dan juga mencegah penyebaran lapisan tanah atas yang dapat mengakibatkan erosi tanah.

Cocomesh juga cocok untuk menguatkan lahan khususnya pada kemiringan lahan. Proses pemasangannya dilaksanakan dengan cara meletakkannya di atas tebing kemudian ditaburi cover crop penutup lahan seperti MC mucuna dengan tujuan mempercepat pertumbuhan biji yang disebar.

Area tebing atau pertambangan akan berubah menjadi hijau pada waktu yang lumayan singkat dan juga cepat. Setelah menjadi hijau, area bekas tambang tersebut dapat ditanami tumbuhan yang memiliki batang keras seperti pepohonan yang dapat menghijaukan kembali daerah tersebut.

5. Peredam Suara dan Getaran

Produk lain yang dapat diperoleh dari bahan dasar sabut kelapa adalah peredam getaran maupun suara suatu ruangan. Bahan pembuatannya sama dengan menggunakan bahan yang dipakai dalam membuat matras dari sabut kelapa sebelumnya. Biasanya produk ini ditempel pada dinding yang efektif dalam membuat redaman suara.

Keunggulan lain yang terdapat pada produk yang satu ini adalah bahannya yang tidak gatal serta lebih sehat karena terbuat dari bahan organik. Tidak seperti peredam suara dengan bahan dasar rock wool yang dipakai selama ini yang bahannya terkadang dapat membuat tubuh menjadi gatal.

Leave a Comment