Cara Membuat Pupuk Organik dari Daun Kering yang Sederhana

Penggunaan pupuk organik pastinya lebih ramah lingkungan, karena pupuk ini terbuat dari bahan sampah organik yang terurai. Cara membuat pupuk organik dari daun kering sangatlah gampang. Daun kering adalah bahan yang sangat mudah ditemukan di sekitar kita.

Cara membuat pupuk organik dari daun kering ini adalah dengan menggunakan bantuan em4. Meskipun kamu juga tetap bisa membuat pupuk dengan em4. Cara membuat pupuk kompos dari daun kering tanpa em4 akan membutuhkan waktu yang lebih lama.

Bahan Untuk Cara Membuat Pupuk Organik dari Daun Kering yang Sederhana

Bahan yang harus kamu siapkan untuk cara membuat pupuk organik cair dari daun kerin yang sederhana yaitu sebagai berikut :

1. Peralatan kebun, yaitu sekop, penyemprot air dan juga cangkul.

2. Wadah atau tempat, yaitu ember. Selain itu, siapkan juga tali dan kantong kompos berupa mulsa plastik hitam, kalau tidak ada kamu bisa menggunakan kantong plastik hitam biasa.

3. Bahan pelengkap, yaitu larutan em4.

4. Larutan em4 bisa kamu dapatkan di toko pertanian, em4 berguna untuk mempercepat proses serta membantu pengomposan supaya lebih mudah dan cepat.

5. Terpal dan kayu atau bambu, yang akan digunakan sebagai bahan utama pembuatan media pengomposan.

Cara membuat Media Pengomposan dari Daun Kering

Cara Membuat Pupuk Organik dari Daun Kering yang Sederhana

Sebelum mulai membuat kompos, kamu terlebih dahulu harus membuat media pengomposan, caranya yaitu di bawah ini :

1. Langkah pertama, pilih lahan atau lokasi untuk meletakkan media pengomposan, lebih baik kamu memilih lokasi yang lembab dan tidak terkena sinar mataharis secara langsung.

2. Sebaiknya lokasinya mudah dijangkau dan luas, supaya mempermudah kamu dalam proses penjagaan kompos.

3. Langkah selanjutnya, buatlah wadahberupa kotak dengan penutup di bagian atasnya yaitu dengan menggunakan kayu dan bambu, ukurannya yaitu 1x2x1 m.

4. Berikutnya, buatlah kantong pengomposan yaitu dengan menggunakan mulsa plastik hitam berukuran sama dengan media pengomposan tadi.

5. Lalu, buat lubang kecil di bawah plastik yang berguna untuk tempat penyaringan air, serta lubangi juga di bagian samping sebagai tempat sirkulasi udara.

6. Selain menggunakan plastik, kamu bisa menggunakan terpal dengan ukuran kecil, ikat setiap ujung plastik atau terpal supaya tidak jatuh dan lebih kuat.

Proses Cara Membuat Pupuk Organik dari daun Kering Yang Sederhana dan Simple

1. Siapkan daun yang basah beserta daun yang kering, daun basah harus disiapkan dan jenis atau macamnya bisa daun apa saja.

2. Usahakan daun basah yang digunakan yaitu daun segar yang sudah tua namun belum menguning.

3. Selain daun basah, siapkan juga daun kering.

4. Perbandingan antara daun basah dan kering yang harus kamu kumpulkan yaitu 1:3

5. Setelah telah terkumpul, selanjutnya yaitu masukkan dedaunan tersebut ke dalam ember dan potong sampai menjadi ukuran yang sangat kecil-kecil. Kamu bisa menggunakan mesin pemotong rumput supaya lebih cepat.

6. Setelah itu, siapkan tanah yang gembur atau humus yang nantinya akan dijadikan sebagai pelapis.

7. Letakkan sedikit demi sedikit tanah yang bermanfaat sebagai pelapis bagian tanah pada media pengomposan.

8. Kemudian masukkan daun yang sudah menjadi ukuran kecil-kecil tadi dan laisi bagian atas daun dengan sedikit tanah.

9. Ulangi langkah diatas sampai bahan daun dan tanah kamu habis. Padatkan daun serta tanah menggunakan sekop, lalu siram menggunakan larutan EM4 yang sudah kamu larutkan dengan menggunakan air.

10. Langkah berikutnya yaitu tutup bagian atas media pengomposan dengan menggunakan plastik atau terpal dan tutup lagi dengan penutup media pengomposan dengan rapat. Kemudian diamkan dan tunggu selama kurang lebih 6 minggu.

11. Selama 6 minggu ini, jagalah kelembapan suhu serta sirkulasi udara dalam calon pupuk komposmu.

12. Kamu perlu menyemprotkan air dengan rutin setidaknya sekali dalam seminggu dan aduklah kompos menggunakan cangkul atau sekop.

Leave a Comment